Awas, Bahaya Ledakan PHK

Sinyal buruk bakal terjadi ledakan pemutusan hubungan kerja (PHK) telah dikeluarkan banyak kalangan. Pemerintah berharap UU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dapat menjadi solusi  karena diklaim punya keberpihakan yang tinggi terhadap para pekerja, terutama tenaga informal.

Poin utama dari UU Cipta Kerja adalah upaya membuka lapangan kerja. Pasalnya, jumlah lapangan kerja dan para pekerja makin tak seimbang. 

Pasalnya, saat pandemi COVID-19 melahirkan kurang lebih hampir 7 juta orang. Belum lagi angkatan baru setiap tahunnya menambah 2-3 juta orang setiap tahunnya. Ini yang bakal dilakukan pemerintah.

Selamat Datang Resesi Ekonomi

Indonesia dipastikan masuk ke lubang resesi menyusul negara lainnya. Hal ini terlihat dari ramalan perekonomian Indonesia yang akan masuk ke zona negatif pada kuartal III-2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, untuk kuartal III ini, perekonomian diramal akan berada di kisaran minus 2,9 persen hingga minus 1 persen. Artinya perekonomian Indonesia kontraksi dua kuartal berturut-turut setelah pada kuartal II-2020 terkontraksi 5,32 persen. 

Selamat datang resesi....

Ada Apa dengan Ahok?

 

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali mencuri perhatian publik. Lewat sebuah video yang disiarkan lewat Youtube, Ahok justru ‘mempreteli’ aib PT Pertamina (Persero). Padahal, Ahok sendiri merupakan Komisaris Utama Pertamina.

 

Ocehan Ahok kemudian mengundang banyak tanggapan. Oleh banyak pihak, tindakan Ahok dinilai kurang tepat karena justru mengotori rumah sendiri. Alih-alih melahirkan perubahan, Ahok justru menimbulkan kegaduhan dan kebisingan. Namun di pihak lain, keberanian Ahok mendapat tempat di sejumlah kalangan.

 

Ada apa dengan Ahok?

Jilid Dua Gembok Jakarta, Perlukah?

 

Para menteri di Kabinet Jokowi kompak menyerang Gubernur DKI Anies Baswedan yang akan menerapkan PSBB total mulai Senin (14/9/2020). Alasannya, kebijakan Anies bakal merontokkan upaya pemulihan ekonomi. 

 

Kebijakan tersebut dikhawatirkan akan memicu munculnya pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada pekerja. 

 

Namun bagi Anies, rem darurat ini diambil karena perkembangan kasus COVID-19 di Jakarta yang semakin mengerikan.

Misteri Partai Banteng Tak Laku di Tanah Minang

 

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku bingung kenapa partainya tidak pernah berkibar di Sumatera Barat. Di Tanah Minang, partai banteng tak berkutik sejak dulu. Bahkan sejak era Soekarno. 

 

Padahal dari sejarah, pada saat Bung Karno menjadi Presiden pertama Republik Indonesia, banyak tokoh dari Sumatera Barat yang nasionalis dan pada saat itu bekerjasama dengan Bung Karno.

 

Kebingungan Megawati kini terus abadi menjadi sebuah misteri.

Menyambut Gembira Vaksin Corona

 

Indonesia berharap bisa menggelar imunisasi massal corona pada 2021. Untuk mengejar target itu, Indonesia bekerja sama dengan sejumlah negara dalam pembuatan vaksin COVID-19.

 

Bio Farma bekerjasama dengan perusahaan asal China dan UEA siap memproduksi vaksin corona secara massal.

 

Inilah waktunya Indonesia menyambut gembira vaksin corona.

KAMI, Hanya Koalisi Barisan Sakit Hati?

 

Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang digagas sejumlah tokoh nasional dinilai tak lebih hanya koalisi barisan sakit hati.


KAMI yang salah satu pendirinya adalah mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menuai reaksi yang cukup negatif lantaran dinilai hanya mencari panggung politik belaka.


Betulkah KAMI hanya sekumpulan tokoh yang merasa sakit hati?