Tentang Unicorn yang Online-online Itu

Istilah unicorn mendadak menjadi salah satu kata kunci paling dicari  di internet usai debat Pilpres kedua pada Minggu malam, 17 Februari 2019. Data Google Trend menunjukkan hingga Senin sore, ada 500 ribu pencarian. Ini dipicu ketika Jokowi bertanya kepada capres Prabowo Subianto tentang bagaimana caranya mendukung unicorn Indonesia. Prabowo terlihat bingung. Lalu balik bertanya,"Unicorn? Yang online-online itu, kan?" kata Prabowo. Apa sebenarnya unicorn yang online-online itu? Simak di sini. 

Polemik Mahalnya Avtur 

Presiden Joko Widodo ingin harga avtur dikaji ulang. Namun, para menteri bersilang pendapat. Menteri BUMN Rini Soemarno usulkan pajak PPN avtur dihapus. Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya ingin Pertamina buka-bukaan. Akankah impian masyarakat agar tiket pesawat bisa lebih murah tercapai? 

Kepastian Hukum Hanya Mimpi Investor?

Kepastian hukum seolah menjadi sesuatu yang begitu mahal bagi para investor yang hendak menanamkan modal di Indonesia. Mulai dari penanganan kasus yang berlarut-larut, hingga sengaja diperlambat di proses perizinan. Padahal, di level atas, sudah ada kesadaran pentingnya kepastian hukum bagi investor. Bagaimana pemerintah mengatasi hal ini?

Jerat Suap Izin Tambang

Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Bupati Kotawaringin Timur sebagai tersangka korupsi izin usaha pertambangan. Sebelumnya, sejumlah kepala daerah juga melakukan hal serupa. Siapa saja mereka? Bagaimana modusnya?

Perginya Orang Terkaya Ketiga

Pendiri Sinarmas Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia. Selain meninggalkan kekayaan sekitar Rp121 triliun, orang ketiga terkaya Indonesia 2018 itu mewariskan nilai-nilai penting untuk pelaku bisnis. Apa saja?

Menguak Bisnis Ahok 

Keluar dari penjara Kamis, 24 Januari 2019, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersiap memulai bisnis minyak. Jauh sebelum itu, Ahok sudah menjadi pengusaha. Apa saja bisnisnya dan berapa kekayaannya? 

Kartel Pesawat?

Kenaikan dan turunnya harga tiket penerbangan yang berlangsung bersamaan memunculkan dugaan kartel. Apa saja indikasinya? Akankah kasus yang pernah muncul delapan tahun lalu terulang lagi? 

'Hit and Fix' Timah Ilegal

Jika di perang gerilya ada strategi hit and run, dalam pemberantasan pertambangan ilegal aparat kepolisian menjalankan strategi hit and fix. Salah satunya diterapkan dalam memerangi pertambangan timah ilegal di Bangka Belitung. Pertambangan ilegal membawa dampak kerusakan lingkungan dan hilangnya potensi pendapatan negara.  Strategi ini terbukti mulai menampakkan hasil. Meskipun ekspor timah sempat tersendat, namun produksi milik BUMN PT Timah melonjak drastis. Bagaimana strategi itu dijalankan? 

Dragon Nikel, Berkah atau Musibah?

Datang dari China, Virtue Dragon Nikel Industri kini mengelola Kawasan Industri Konawe di kaki pulau Sulawesi. Triliunan investasi dikucurkan di kawasan lumbung nikel itu. Walau dihadang sejumlah masalah, Dragon Nikel telah melakukan pengapalan pertama ke China. Siapa mereka dan sejauh mana kontribusinya untuk perekonomian Konawe?

Tergencet Tiket Pesawat

Harga tiket pesawat yang melangit mendulang protes. Di jagat maya, lebih 160 ribu orang meneken petisi menuntut harga diturunkan. Di sisi lain, penerbangan murah low cost  carrier ramai-ramai menarik biaya bagasi mulai awal tahun ini. Bagaimana sebenarnya harga tiket pesawat ditentukan? Mengapa harga tiket pesawat ke luar negeri lebih murah dibanding penerbangan domestik?