Market Review: Sekedar Pereda Sakit?

Sepekan terakhir trend optimis mewarnai perekonomian global. Harga minyak dan emas menanjak. Rencana perundingan dagang AS-China, ditengarai turut mempengaruhi.  Namun, muncul pertanyaan, akankan sikap optimis pekan ini pertanda luka ekonomi global segera sembuh, atau hanya sekedar meredakan rasa sakit? 

Ketika Apple Jatuh

Apple mengurangi target penjualan di tengah ketidakpastian perang dagang Amerika - China. Akibatnya, saham Apple anjlok hingga hampir 8 persen. Di sisi lain, ada seorang investor yang girang dengan jatuhnya saham perusahaan teknologi Amerika itu. Apa sesungguhnya yang terjadi? 

Nestapa Tsunami Selat Sunda

Letusan Anak Krakatau yang bergemuruh di Selat Sunda menyebabkan sebagian kawah runtuh dan meluncur ke lautan, menggusur sejumlah besar air dan memicu gelombang raksasa setinggi 3 meter pada Sabtu (22/12). Tsunami menelan korban sekitar 400 jiwa. 

Sulut Menggantung Mimpi

Jalan Tol Manado-Bitung adalah satu-satunya kemewahan ekonomi rakyat Sulawesi Utara. Ada pelabuhan strategis, malah turun kelas. KEK Bitung masih terkatung-katung. Di sana mereka punya semboyan "Si Tou Timou Tumou Tou" (Manusia hidup untuk menjadi berkat orang lain).

Keajaiban China

Dalam empat dekade, China membuat keajaiban dari sebuah negera miskin menjadi kekuatan baru ekonomi dunia. Bagaimana lompatan besar itu dilakukan?  

Tambang Fulus di Kawasan Ekonomi Khusus

Pemerintah menargetkan ada 25 wilayah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan target investasi  menembus Rp726 triliun. Sedangkan hingga saat ini, sudah ada 12 KEK yang terdaftar dengan realisasi komitmen investasi mencapai Rp221 triliun. Bagaimana perkembangannya?

Agar Batam Tak Suram

Batam pernah menjadi primadona investasi. Namun, kini pesonanya kian merosot. Pertumbuhan ekonomi lunglai. Sejak 2015, pemerintah sudah berencana membubarkannya. Namun, mengapa hingga kini tak terealisasi?

Huawei di Pusaran Perang Dagang China - Amerika

Di tengah isu perang dagang, Amerika menangkap Meng Wanzhou, putri sulung Ren Zhengfei, pendiri Huawei. Kasus ini menaikan kembali tensi hubungan AS-China yang baru saja mengumumkan gencatan perang dagang selama 90 hari. Apa yang sesungguhnya terjadi?

Indonesia Lemah di Lumbung Timah

Meski sebagai eksportir timah terbesar di dunia, harga timah nyatanya ditentukan oleh bursa di negara lain. Mengapa timah kita tak menjadi tuan di negeri sendiri? Ini sejumlah penyebabnya.