Pelantikan dan sumpah jabatan dipimpin Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali

Sebanyak 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Periode 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan dan sumpah jabatan dipimpin Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.

Sumpah jabatan ini dibagi ke dalam 4 agama yakni Islam, Kristen dan Katholik, Hindu dan Budha.

"Bagi saudara-saudara yang beragama Islam. Demi Allah saya bersumpah," kata Hatta diikuti seluruh Anggota DPR di Ruang Paripurna MPR, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Sumpah dibacakan Hatta Ali yang diikuti oleh seluruh anggota baru DPR. Berikut isi sumpah anggota DPR:

Bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya, sebagai anggota DPR, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedomam pada Pancasila, dan UU Negara Republik Indonesia tahun 1945. Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negra daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan, aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

"Bagi saudara-saudara yang beragama Kristen dan Katholik, Semoga Tuhan menolong saya," ucapnya

"Bagi saudara-saudara yang beragama Hindu, Om shanti shanti oom," kata Hatta.

"Bagi saudara-saudara yang beragama budha. Sadhu sadhu sadhu," tutupnya diikuti kembali oleh seluruh Anggota DPR.

Kemudian, seluruh anggota DPR menandatangani sumpah dan jabatan.

Beragam latar belakang, mulai dari artis, pengusaha hingga aktivis menghiasi para wakil rakyat di parlemen. Meskipun, 50 persen lebih masih didominasi oleh wajah lama. Mereka mewakili 80 daerah pemilihan dari Sabang sampai Merauke.

Dikutip dari laman resmi KPU, berikut nama 575 anggota DPR periode 2019-2024 berserta profile lengkapnya: