Tentunya, Jokowi punya pertimbangan yang matang terkait pengisian kursi di kabinet.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung penuh keputusan Presidem Jokowi dalam membentuk kabinet. Termasuk, wacana Partai Gerindra menduduki kursi menteri strategis.

Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid mengaku pasrah jika posisi Menteri Pertahanan (Menhan) di kabinet Jokowi diisi sosok dari Gerindra. "PKB pasrah 100 persen tanpa syarat," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Jazilul juga tidak masalah jika Jokowi memasukkan partai oposisi ke pemerintahan. Sebab, Jokowi yang paling tahu apapun yang terbaik untuk bangsa.

"Selama Pak Jokowi pentingkan untuk perbaikan pemerintahan ke depan, PKB sebagai pendukung 100 persen mendukung," ungkapnya.

Menurutnya, PKB tidak takut kursi kabinet untuk partai koalisi berkurang. Tentunya, Jokowi punya pertimbangan yang matang terkait pengisian kursi di kabinet.

"Pak Jokowi lebih tau dan PKB akan tetap jadi partai yang setia kepada Pak Jokowi. Hasil keputusan Pak Jokowi pasti dengan pertimbangan matang," ucapnya.

Diketahui, Gerindra lebih tertarik posisi Menteri Pertahanan dalam kabinet. Bukan tanpa alasan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selama ini juga memiliki perhatian besar pada bidang pertahanan.

Dalam beberapa debat capres misalnya, Prabowo menyoroti soal pertahanan. Mulai dari persediaan amunisi, hingga lemahnya pertahanan nasional.