Jokowi juga mengaku tak ingin mencalonkan diri sebagai presiden saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Keputusan Gibran Rakabuming Raka, pengusaha martabak untuk terjun ke dunia politik, membuat heboh banyak orang. Pasalnya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sebelumnya menyatakan tidak tertarik dunia politik.

Syahwat politik Gibran mendapat komentar aktris sekaligus anggota DPR dari Partai Gerindra, Rachel Maryam. Menurutnya, Gibran sama seperti Jokowi. Sebab, kata dia, dulu Jokowi juga mengaku tak ingin mencalonkan diri sebagai presiden saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Namun kenyataannya, baru dua tahun memimpin provinsi, ia akhirnya maju Pilpres 2014 dan terpilih menjadi presiden, lalu menang lagi di Pilpres 2019.

Karenanya, Rachel pun menyindir Gibran dan Jokowi terkait langkah politiknya.

"Dulu juga ketika masih jadi Gubernur DKI ayahnya pernah bilang "enggak mikir copras-capres dan mau konsentrasi menyelesaikan tugas sebagai gubernur selama 5 tahun." Rupanya bukan hanya penyakit diabetes saja yang bisa menurun," cuit @cumarachel, Selasa (8/10/2019).

Sejak dulu Gibran diketahui selalu mengaku tak tertarik ketika ditanyai wartawan soal minat menjadi politikus.

Seperti pada Agustus lalu, saat peresmian outlet Sang Pisang dan Markobar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Gibran mengaku tak ingin terjun ke politik. "Enggak, enggak tertarik (menjadi politikus)," katanya.

Namun, di akhir 2018 ia mulai berubah pikiran dan lebih kerap berbicara soal politik, hingga kemudian pada akhir September mendaftarkan diri sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Solo.