Tidak ada yang salah mengenai pencalonan Gibran dan bukan dinasti politik.

Tanpa berpikir panjang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan kesiapannya mendukung pencalonan Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020. Seakan menjadi harga mati, dukungan PKB akan diberikan secara resmi partai maupun independen.

"PKB sangat siap dukung, mau resmi partai maupun independen," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).

Daniel mengatakan, visi dan misi Gibran tentunya tidak berbeda dengan ayahnya Jokowi yang berlandaskan kepentingan rakyat.

"Yang penting visi dan komitmen Mas Gibran semakin mengangkat kesejahteraan dan kebudayaan masyarakat. Pesantren dan ekonomi masyarakat kecil juga diperhatikan," katanya.

"Selama visi dan komitmen kerakyatan dan nasionalismenya tuntas, tidak masalah. Yang utama kan kesanggupan untuk membawa hidup masyarakat lebih baik," tambahnya.

Tidak hanya itu, Daniel juga membela bahwa keinginan 'juragan martabak' itu terjun ke dunia politik bukan aji mumpung. Intinya, tidak ada yang salah mengenai pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dan bukan dari wujud dinasti politik.

Langkah putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, menatap Pilwalkot Solo memang jadi isu panas saat ini. Founder lembaga survei Indo Barometer M Qodari menilai pencalonan Gibran ini memang bakal riuh terbaca sebagai dinasti politik sang presiden.

"Mau nggak mau orang akan membaca seperti itu karena dinasti politik terdefinisi di mana keluarga menjadi penerus atau menjadi suksesor untuk jabatan publik, terutama kepala daerah dan kepala pemerintahan," pungkas Qodari.