Nama-nama tersebut diduga kuat nantinya menjadi menteri Jokowi-Ma'ruf Amin.

Susunan kabinet kerja Jokowi jilid 2 periode 2019-2024 sudah selesai. Jokowi juga telah mengumumkan selesainya penyusunan kabinet lewat laman Instagramnya, @jokowi, Kamis (17/10/2019).

Susunan kabinet kerja akan segera diumumkan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Meski susunan kabinet sudah selesai, namun Presiden Jokowi masih merahasiakan mengenai siapa saja yang akan mengisi Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024 mendatang.

Namun, terdapat beberapa nama yang santer dikabarkan akan menjadi menteri di kabinet Jokowi. Nama-nama tersebut diduga kuat nantinya menjadi menteri Jokowi-Ma'ruf Amin.

Berikut nama-nama terbaru yang diprediksi kuat masuk kabinet kerja Jokowi jilid 2?

1. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto santer diisukan jadi menteri di kabinet Jokowi. Ketum Partai Gerindra itu akan menjadi Menteri Pertahanan di kabinet kerja jilid 2.

Setelah bertemu dengan Jokowi, untuk memuluskan jatah kursi Gerindra di kabinet, Prabowo melakukan safari politik dengan sejumlah partai koalisi Jokowi-Ma'ruf.

Prabowo hingga saat ini telah bertemu dengan sejumlah tokoh seperti Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Cak Imin, hingga rencana bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato.

Juru bicara Prabowo membantah mengenai kabar Prabowo jadi Menteri Petahanan. Sementara itu, pihak Istana Kepresidenan tak menepis namun juga tak mengiyakan.

2. Viktor Bungtilu Laiskodat

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat kuat dikabarkan menjadi penggawa kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Dalam informasi yang berkembang, Viktor Bungtilu Laiskodat akan menduduki kursi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Kepala Biro Humas Setda Pemerintah Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu juga turut menguatkan kabar Viktor Bungtilu Laiskodat masuk kabinet Jokowi.

"Bapak gubernur kita memang dua kali diminta secara non formal menjadi menteri, saat berada di Labuan Bajo beberapa waktu lalu," ujar Marius Ardu Jelamu kepada Kompas.com, Jumat (18/10/2019).

3. Edhy Prabowo

Wakil Ketua Umum Gerindra, Edhy Prabowo diisukan akan jadi menteri Presiden Jokowi di periode kedua. Ia dikabarkan akan menjabat menteri pertanian (Mentan) menggantikan Amran Sulaiman.

Kendati demikian Edhy Prabowo masih menantikan keputusan resminya.

4. Airlangga Hartarto

Ketua umum Golkar, Airlangga Hartarto santer dikabarkan akan menduduki kursi Menko PMK. 

Airlangga diperkirakan kuat bakal kembali menjadi menteri di kabinet Jokowi. Ia juga tidak mencalonkan diri sebagai anggota DPR, sehingga tidak menduduki jabatan di DPR ataupun di MPR.

Sebagai partai kedua pemenang pemilu, Golkar berpeluang memperoleh kursi terbanyak kedua setelah PDIP. Hal itu memperbesar peluang Airlangga untuk masuk dalam kabinet.

Berdasarkan kabar yang beredar, Airlangga Hartanto ditunjuk menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Kendati demikian, Airlangga belum mau berkomentar banyak mengenai hal itu.

5. Bahlil Lahadalia

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia dikabarkan menjadi calon menteri Jokowi periode kedua. Sebelumnya, Pesiden Jokowi sempat menyebut namanya pantas sebagai kandidat menteri.

"Saya lihat-lihat adinda Bahlil cocok jadi menteri, saya lihat dari atas sampai bawah cocok jadi menteri," ucap Jokowi saat memberikan sambutan buka puasa bersama dengan HIPMI di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (26/5/2019).

Bahlil disebut-sebut cocok menjadi Menteri Perdagangan atau Menteri Perindustri di periode kedua Jokowi.