Gerindra menduga Prabowo hanya tidak sempat menyalami Grace Natalie.

Sebuah potongan video Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menolak bersalaman dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, Grace Natalie, viral di media sosial. Peristiwa ini terjadi saat pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres pada 20 Oktober 2019.

Dalam video berdurasi 22 detik itu terlihat Prabowo awalnya bersalaman dengan beberapa pria. Tepat di hadapan Prabowo, ada tiga orang wanita, dua di antaranya adalah istri Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Hana Hasanah Shahab dan Grace Natalie yang mengenakan busana berwarna merah.

Prabowo lalu menyalami Hana Hasanah. Grace Natalie yang berdiri di samping Hana lalu mendekat ke arah Prabowo. Grace terlihat menatap eks Danjen Kopassus itu.

Di rekaman tersebut, Prabowo kemudian menyalami perempuan di sebelah kiri Hana sebelum bertegur sapa dengan seorang pria lainnya dan menjabat tangan 3 tamu perempuan lainnya.

Hingga akhir video berdurasi 24 detik itu, Grace Natalie tetap berdiri menatap Prabowo. Senyum kecil terlihat dari wajahnya.

PSI menyebut video itu telah viral dan jadi perbincangan banyak pihak. Koordinator Juru Bicara PSI, Dara Nasution, menyebut pihaknya tak mempermasalahkan kejadian itu. Menurutnya, masyarakat pasti punya penilaian masing-masing.

"Videonya sudah viral, semua masyarakat tentu punya interpretasi masing-masing, tidak perlu diperpanjang lagi, kami tidak masalah kok," kata Dara Nasution saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman menolak anggapan kalau Prabowo mengabaikan atau cuek terhadap Grace Natalie. Dia menduga Prabowo hanya tidak sempat menyalami Grace Natalie.

"Saya pikir Pak Prabowo nggak ngeh saja kalau tidak sempat salaman dengan Mbak Grace. Kemarin kebetulan saya duduk di deretan kursi dekat beliau, memang agak crowded dan tempatnya sempit. Jadi nggak ada kesengajaan untuk tidak salami Mbak Grace," sebut Habiburokhman.