Buku ini ditulis oleh sejumlah pendeta dan pengajar perguruan tinggi keagamaan Kristen

Ada kejutan hari ini, Senin diterima Lukman Hakim Saifuddin (LHS). 

Diundang dalam kegiatan Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Indonesia yang berlangsung di Kemayoran, Jakarta, LHS diminta untuk melaunching buku, “Lukman Hakim Saifuddin, Gagasan-Kinerja: Moderasi Beragama dan Transformasi Kelembagaan Pendidikan”.

Buku ini ditulis oleh sejumlah pendeta dan pengajar perguruan tinggi keagamaan Kristen.

“Surprise. Saya terkejut, tak mengira kalau para pendeta dan pengajar Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen memberikan apresiasi yang luar biasa ini,” terang LHS di Jakarta.

Buku ini berisi ulasan rekam jejak kinerja LHS selama menjabat sebagai Menteri Agama Oktober 2014 – Oktober 2019. 

Bersifat bunga rampai, buku berisi kumpulan tulisan dari sejumlah pendeta dan akademisi Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen.

Ada 16 tulisan dalam buku ini dan terbagi menjadi tiga bab. Pertama, Moderasi Beragama. Ada lima tulisan, di antaranya: Lukman Hakim Saifuddin dan Moderasi Beragama (Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si), Pendidikan Keagamaan sebagai Wadah Moderasi Beragama Bangsa Indonesia di Era Industri 4.0: Kajian Pemikiran Lukman Hakim Saifuddin (Dr. Harianto GP,D.Th), dan Legasi Kencana Lukman Hakim Saifuddin: Artikulasi akan Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Indonesia (Minato Nugroho Agung, S.Pd, S.Si, Theol, M.Th)

Bab kedua membahas  Pendidikan, PT, dan Transformasi Kelembagaan. 

Ada tiga tulisan, salah satunya bertajuk “Empati Lukman Hakim Saifuddin pada Perluasan Wewenang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Keagamaan Kristen: Keteladanan Prima Seorang Menteri Agama (Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd). 

Tulisan lainnya berjudul, Relasi LHS dan Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Indonesia (BMPTKKI).

Sebagaimana diketahui, LHS meresmikan peningkatan status Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) di Tarutung, Ambon, dan Manado menjadi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN). 

LHS juga meresmikan gedung asrama putri, gedung aula dan guest house IAKN Manado yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Adapun bab ketiga berjudul Kerukunan Beragama dan Relasi Interpersonal. 

Ada delapan tulisan, antara lain: Menteri Agama RI: Membangun Kebersamaan dan Semangat Kerja melalui Humor (Dr. Pontus Sitorus, M.Si), Secangkir Kopi, Sebaris Anekdot: Sebuah Cerita Kekaguman anak kepada Sang Bapak (Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th, M.Pd), dan Moderasi Beragama Menuju Indonesia Damai: Perspektif Lukas 10:25-27