Sentimen perundingan dagang yang dengan cepat berbalik optimis membuat saham-saham yang sensitif dengan pasar China melonjak tajam.

Sentimen terkini yang dengan cepat berbalik positif dari perundingan dagang AS-China nampaknya telah membuat sejumlah saham teknologi yang selama ini dinilai sensitif dengan pasar China menguasai panggung. Laporan menyebutkan, dalam sesi perdagangan yang berakhir beberapa jam lalu itu, sejumlah saham teknologi yang sensitif dengan pasar China yang telah melonjak tak tertahankan.

Saham perusahaan internet Baidu tercatat membukukan lonjakan paling ekstrim dengan melonjak hingga 13,5%. Lonjakan tak kalah tajam juga dibukukan oleh saham pabrikan Chip yang selama ini getol mengguyur pasar China, Qualcomm. Saham teknologi tersebut terpantau melompat hingga 6,3% hingga sesi penutupan.

Laporan sebelumnya menyebutkan, sentimen terkini dari perundingan dagang AS-China yang dengan cepat berbalik positif dengan pernyataan juru bicara kementerian Luar Negeri China, Gao Feng.

Dalam dalam sebuah kesempatan kemarin mengklaim bahwa   AS dan China telah mencapai kemajuan dengan sepakat untuk menghapus tarif masuk yang kini berlaku secara simultan dan proporsional.

Feng dalam kesempatan yang sama juga menekankan bahwa AS-China kini telah semakin dekat untuk menyegel kesepakatan dagang parsial tahap pertama. Pernyataan tersebut dengan cepat langsung direspon investor untuk melakukan aksi akumulasi terhadap saham-saham teknologi.

Berikut adalah daftar saham yang terkaitdengan pasar China yang melonjak di sesi perdagangan kali ini:

Bidu melonjak 13,5% untuk berakhir di $121,87  

Qualcomm melonjak 6,3% untuk berakhir di $89,98  

Intel melonjak 0,8% untuk berakhir di $58,05  

Caterpillar  melonjak 1,0% untuk berakhir di $147,01

Boeing melonjak 1,5% untuk berakhir di $357,31, serta  

Apple melonjak 1,2% untuk berakhir di $259,43.