Alibaba berhasil mencetak penjualan sebesar US$ 1 miliar hanya dalam 68 detik saja. Dan pada sembilan jam pertama, Alibaba meraup 158 miliar yuan

Alibaba mencatatkan penjualan fantastis pada festival belanja Single Day (11/11). Platform e-commerce asal China itu mampu meraup 84 miliar yuan (setara US$ 12 miliar atau sekitar Rp 168 triliun) pada satu jam pertama festival Single Day dibuka.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, angka penjualan tahun ini meningkat sekitar 22%. Pada hari Singles Day tahun lalu, pendapatan Alibaba dalam satu jam pertama sebesar 69 miliar yuan atau sekitar Rp 138 triliun. Sedangkan untuk penjualan total Alibaba melalui platformnya selama festival Singles Day mencapai nilai $ 30 miliar atau sekitar Rp 420 triliun.

Menurut CNBC, Senin (11/11/2019), Alibaba berhasil mencetak penjualan sebesar US$ 1 miliar hanya dalam 68 detik saja. Dan pada sembilan jam pertama, Alibaba meraup 158 miliar yuan (Rp 317 triliun).

Hasil Alibaba dalam satu jam pertama di Hari 11.11 tercatat naik 22 persen dari tahun lalu sebesar 69 miliar yuan. Sementara, dalam sembilan jam pertama naik 25 persen dari tahun lalu, yakni 126 miliar yuan.

Hari 11.11 (atau Singles' Day) juga menjadi trending di media sosial China. Sejak Senin pagi waktu setempat, pengguna Weibo terus membahas soal belanja.

Tahun ini, Alibaba menghadirkan bintang pop Taylor Swift untuk menyambut Hari 11.11 di Mercedes-Benz Arena, Shanghai. Taylor bernyanyi tiga tembang dari album terbarunya Lover dan mendapat sambutan meriah dari audiens.

Alibaba juga mengundang penyanyi lokal seperti Jackson Yee. Pemuda 18 tahun itu juga ikut memeriahkan konser penutup Asian Games di Jakarta.

Alibaba membidik 500 juta pengguna untuk berpartisipasi pada festival belanja ini. Target itu naik 100 juta dari tahun sebelumnya. Ini juga Hari 11.11 yang pertama tanpa kehadiran Jack Ma yang baru saja pensiun.