Rapat tersebut merupakan tindak lanjut daripada audit yang telah dilakukan oleh BPK yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Inspektorat mengelar rapat tindak lanjut hasil pemeriksaan manajemen aset yang digelar di Ruang Rapat Wakil Bupati Bulungan, Rabu.

Rapat sendiri dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala SE, M.Si dan dipandu oleh Inspektur Inspektorat Bulungan, Ibramsyah, S.Sos. Turut hadir pula Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Hamdani, SH, M.Si serta beberapa OPD terkait.

Dijelaskan Inspektur Inspektorat Bulungan, rapat tersebut merupakan tindak lanjut daripada audit yang telah dilakukan oleh BPK yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Khususnya pada manajemen aset yang beberapa waktu lalu telah disampaikan kepada Bulungan,” sebutnya.

Untuk itu rapat tindak lanjut digelar, sebab kata dia hasil-hasil tersebut akan dikompilasi yang nantinya akan menjadi laporan keuangan tahun 2019 ini, untuk itu pihaknya maupun BPK kata dia tentu berharap, sebelum tim melakukan audit di tahun 2019 ini, kiranya hal-hal yang perlu dibenahi agar dapat diselesaikan segera.

“Atau bisa kita selesaikan secepatnya. Minggu ketiga Desember kita akan melakukan tindak lanjut lagi,” ucapnya.


 
Untuk itu lanjutnya diharapkan sebelum Desember semuanya dapat menyelesaikan apa yang perlu dibenahi, sehingga laporan keuangan Bulungan bisa lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu Wabup Ingkong Ala menyampaikan bahwa temuan atau catatan yang ditinggalkan BPK sebelumnya agar dapat diperhatikan oleh setiap OPD yang ada secara teliti dan harus segera diselesaikan.

“Kalau dilihat catatan yang diberikan tidak ada yang terlalu bermasalah, sangat sederhana saja mungkin hanya karena kelalaian saja, baik itu penatausahaannya dan pengamanan hingga pemanfaatannya,” jelasnya.
 
Untuk itu ia juga sangat berharap rapat tindak lanjut yang dilakukan tersebut agar dapat diselesaikan segera mungkin. Ia pun mengimbau agar ada evaluasi dari catatan yang diberikan BPK.

“Ini tidak berat, tinggal bagaimana kita menyelesaikannya saja, mau atau tidak, saya juga berharap dari OPD-OPD agar mengingkatkan kepada bagian-bagian yang diberikan catatan tersebut,” pungkasnya.