Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri dengan nomor ST/3229/XII/KEP/2019. Surat itu baru ditandatangani Jumat, 6 Desember 2019.

Kapolri Jenderal Idham Azis merombak puluhan pejabat Polri. Perombakan tak hanya memilih Irjen Idham Azis sebagai Kabareskrim, tapi juga rotasi 5 kapolda di Indonesia.

Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri dengan nomor ST/3229/XII/KEP/2019. Surat itu baru ditandatangani Jumat, 6 Desember 2019.

Berikut 5 Kapolda yang mengalami rotasi:

1. Kapolda Sumatera Utara: Irjen Agus Andrianto ditunjuk sebagai Kabaharkam Polri, posisinya digantikan ke Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri.

2. Kapolda DIY: Irjen Ahmad Dofiri ditunjuk sebagai Aslog Kapolri. Posisinya akan digantikan oleh Irjen Asep Suhendar yang sebelumnya merupakan Aslog Kapolri.

3. Kapolda Sumatera Barat: Irjen Fakhrizal menempati tugas baru sebagai analis kebijakan utama bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisinya digantikan oleh Irjen Toni Harmanto.

4. Kapolda Sulawesi Tengah: Irjen Lukman Wahyu Hariyanti mendapat tugas baru sebagai analis kebijakan utama bidang Sabhara Baharkam Polri. Tugas lamanya akan dilanjutkan oleh Irjen Syafril Nursal.

5. Kapolda Papua Barat: Brigjen Herry Rudolf Nahak ditunjuk sebagai Asops Kapolri. Tugasnya akan dilanjutkan oleh Brigjen Tornagogo Sihombing yang sebelumnya menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.