Peserta lomba berjumlah 40 tim yang berasal dari organisasi kepemudaan, kelompok pemuda serta kecamatan

Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung gelar Lomba Futsal di Gedung Olah Raga (GOR) Tanjungpandan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencari bibit unggul dalam bidang olahraga khususnya olahraga futsal.
 
Menurut Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Belitung selaku PPK kegiatan, Achmad Ridwan, S. Si, MT, pemuda harus melakukan inovasi dan potensi pemuda perlu dieksplor dan ditunjukkan. 

"Salah satu caranya adalah dengan perlombaan futsal ini," ujar Ridwan usai pembukaan Lomba Futsal Pemuda di GOR Tanjungpandan, Senin . 
 
Ridwan menambahkan, kegiatan ini adalah bagian dari Hari Pemuda Nasional yang rencana awalnya diselenggarakan pada bulan Oktober. Namun karena ada bagian atap GOR yang bocor sehingga penyelenggaraannya ditunda sampai hari ini. 

Peserta lomba berjumlah 40 tim yang berasal dari organisasi kepemudaan, kelompok pemuda serta kecamatan dan berlansung selama tiga hari sejak Senin-Rabu (9-11/12/2019). 

"Perlombaan menggunakan sistem gugur, sehingga yang menang akan terus tanding dan Rabu adalah finalnya sekaligus pengumuman pemenang dan pembagian hadiah berupa tropi dan uang pembinaan," terang Ridwan. 
 
Untuk tindak lanjut, Ridwan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal. Selanjutnya setelah mendapatkan pemenang dan bibit unggul, maka akan dilakukan pembinaan untuk mengeksplor potensi pemuda dan mengembangkannya. 

Kegiatan inipun akan dijadikan agenda rutin tahunan agar lebih banyak lagi terjaring pemuda berbakat.
 
Lomba futsal pemuda dibuka resmi oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos didampingi Wakil Bupati, Unsur Forkopimda serta beberapa Kepala OPD.