Melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi

Mangrove di Taman Nasional Taka Bonerate terbilang hanya sedikit, luasannya juga tidak mencapai sepertiga hektar. Dari 17 pulau yang ada hanya 3 pulau yang memiliki tumbuhan mangrove, yaitu di Pulau Tarupa Kecil, Pulau Latondu Besar dan Pasitallu Timur.

Dipulau Pasitallu Timur teridentifikasi jenis Rizhopora sp pada genangan air laut yg terperangkap di tengah pulau seperti pada gambar berikut. Walaupun belum membentuk satu kesatuan ekosistem yang memberi manfaat sebagaimana signifikan, layaknya habitat mangrove, tetapi telah memberi pelajaran kekita bahwa sebagai akibat perlindungan Kawasan Pelestarian Alam, terjadi peningkatan jenis tumbuhan mulai dari vegetasi perintis sampai munculnya vegetasi lanjutan, saling berasosiasi dengan formasi tanaman pantai lainnya.

Di Pulau Tarupa Kecil bahkan usianya sudah mencapai puluhan tahun bahkan kemungkinan sudah mencapai umur ratusan tahun.

Tumbuhnya mangrove di TN. Taka Bonerate merupakan sesuatu hal yang unik karena secara fisik tidak tersedia air tanah tawar yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar garam pada habitatnya, selain itu media tumbuhnya adalah tanah berpasir sebagaimana umumnya daratan pembentuk pulau di Taka Bonerate, tanah berpasir bukanlah sedimen tempat tumbuh ideal untuk mangrove.

Bahkan ada yang tumbuh dicela-cela batu yang berada di pinggir pantai. Tumbuh satu-satu tertancap secara alami.

Menurut Riswayati (2014) manfaat dan fungsi hutan mangrove antara lain: Melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi, Menahan badai/angin kencang dari laut, penghasil O2 dan penyerap CO2, menjadi sumber makanan penting bagi plankton, sehingga penting pula bagi keberlanjutan rantai makanan, tempat memijah dan berkembang biaknya ikan, kerang, kepiting dan udang, tempat berlindung, bersarang dan berkembang biak dari burung dan satwa lain dan Tempat wisata, penelitian & Pendidikan.

Mangrove adalah hal biasa, tetapi menjadi luar biasa ketika tumbuh dan membentuk populasi diluar habitatnya. Seperti mangrove yang ada di tempat Kami, Taman Nasional Taka Bonerate. Nah, di tempatmu ada mangrove seperti ini??