Memberikan kesamaan pemahaman dan penggunaan data spasial di lingkungan Pemerintah Kota

Palangka Raya, Bappedalitbang Kota Palangka Raya bekerjasama dengan Balai Diklat Geospasial, Badan Informasi Geospasial (BIG) melaksanakan Seminar Pemanfaatan Geographic Information System (GIS) dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan Kota Palangka Raya, di Aula Rahan Pumpung Kapakat Bappedalitbang Kota Palangka Raya pada tanggal 24-28 Februari 2020.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Bappedalitbang Kota Palangka Raya, Mimi Noryani dan Kepala Balai Diklat Geospasial BIG, Dr. Rer. Nat Sumaryono. Kegiatan seminar memberikan materi pengenalan GIS dan penggunaannya, termasuk di dalamnya pengenalan alat navigasi Global Positioning System (GPS) kepada peserta.

Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari seluruh Kelurahan dan Kecamatan se Kota Palangka Raya dan beberapa instansi, antara lain Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesamaan pemahaman dan penggunaan data spasial di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya, khususnya bagi pelayanan yang berkaitan dengan data spasial di instansi masing-masing.

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Peraturan Daerah Kota Palangka Raya Nomor 1 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Palangka Raya 2019-2039, diharapkan pelayanan publik mulai tingkat Kelurahan di Pemerintah Kota Palangka Raya mampu memberikan informasi spasial terkait Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Palangka Raya 2019-2039 dan kesesuaian dengan izin-izin atau surat-surat yang diterbitkan kepada publik.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini akan memperoleh Sertifikat GIS Dasar sebagai pengakuan bahwa yang bersangkutan telah mengenal dan memahami dasar-dasar penggunaan peralatan dan aplikasi GIS.

Direncanakan kegiatan yang sama pada tahun depan sebagai refreshment dan penguatan penggunaan GIS bagi aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.