Setiap program yang diusulkan agar menggalakkan kepariwisataan

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Sitiotio dibuka oleh Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, bertempat di Aula Kantor Camat Sitio-tio, Selasa (25/02). Turut hadir Unsur Muspika Kecamatan, pimpinan OPD, Kepala Desa dan Perangkat Desa, para BPD, para Kepala Sekolah dan Guru, Tokoh masyarakat, LSM dan Pers.

Camat Sitio-tio Rohabinsar Sitanggang dalam laporannya menjelaskan penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Sitio-tio merupakan hasil rembuk desa untuk usulan pembangunan di tahun 2021, yang terdiri dari 8 desa, yaitu Desa Buntu Mauli,  Desa Parsaoran, Desa Janji Raja, Desa Sabulan, Desa Janji Maria, Desa Holbung,  Desa Tamba Dolok dan Desa Cinta Maju. Dalam kesempatan ini Camat Sitio-tio mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Samosir menempatkan PNS di kantor Kecamatan Sitio-tio yang banyak lowong untuk optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. 

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga menyampaikan, usulan yang disampaikan akan dibahas kembali dan disesuaikan dengan keuangan daerah. Yang akan dikerjakan pada tahun 2021 merupakan skala super prioritas, namun seluruh usulan tersebut akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 sebagai bahan untuk pembangunan kedepannya.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Samosir mengaharapkan setiap program yang diusulkan agar menggalakkan kepariwisataan di Kecamatan Sitio-tio. Dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk merawat hasil pembangunan yang sudah dilakukan, tentunya dengan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat. 

Acara Musrenbang juga diisi dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Asisten II Saul Situmorang, S.E. Adapun beberapa point yang dihasilkan dari tanya jawab ini antara lain; diharapkan terjadi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di Kabupaten Samosir dan konsep bahwa dana pembangunan 30% berasal dari total APBD/APBN. Desa yang berkinerja baik akan mendapatkan insentif dari APBD Kabupaten. 

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dalam stressing point acara Musrenbang ini mengharapkan agar setiap usulan-usulan yang sudah diserahkan sudah berdasarkan skala prioritas kebutuhan di Kecamatan Sitio-tio. Bupati Samosir juga menghimbau untuk segera melakukan normalisasi sungai yang terdampak banjir bandang. 

Untuk mempermudah konektivitas antar destinasi wisata dan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kecamatan Sitio-tio, Pemerintah Kabupaten Samosir juga telah melaksanakan usulan pembangunan jalan dari Tipang sampai ke Gonting dengan biaya APBN dan APBD Provinsi. 

Setelah pembacaan dan penandatanganan Berita Acara Hasil Musrenbang Kecamatan Sitiotio dan Penyerahan Usulan Musrenbang Kecamatan Sitiotio dari Camat Sitiotio kepada Kepala Bappeda Samosir untuk dibawa ke Musrenbang Kabupaten Samosir. Musrenbang ditutup secara resmi oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM.