Menurut Jokowi, larangan itu juga berlaku untuk semua negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghormati keputusan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara warga negara asing masuk ke wilayah Kerajaan dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi guna mencegah masuknya virus Corona. 

"Pertama, itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, kita menghormati, karena apa pun yang namanya kesehatan itu dinomorsatukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kita sangat menghargai," kata Jokowi di The Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (27/02/2020).

Jokowi mengaku baru menerima informasi terkait larangan tersebut pada Rabu (26/02/2020) kemarin. Menurut Jokowi, larangan itu juga berlaku untuk semua negara.

"Saya kira ini kan tidak hanya untuk Indonesia, tapi untuk semua negara karena mereka ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari virus Corona. Kita sangat menghargai itu," ujar Jokowi.

Dilansir AFP, Rabu (27/02/2020), pengumuman penundaan visa kunjungan umrah ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi lewat keterangan resminya.

"Pemerintah menunda sementara kunjungan umrah ke Masjid Nabawi di wilayah Kerajaan," demikian kata Kementerian Luar Negeri.

Saudi juga mengatakan pihaknya juga menunda visa-visa untuk kunjungan turis dari negara-negara yang terjangkit Virus Corona.