Pesawat yang memiliki logo Garuda Indonesia pada bagian ekor itu, sedang berada di sebuah hanggar dan menjalani proses pengecatan.

Diam-diam, Presiden Jokowi dikabarkan memiliki pesawat kepresidenan baru. Pesawat tersebut bertipe Boeing 777-300 ER.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, membenarkan adanya pesawat kepresidenan baru tersebut. Namun, pesawat baru itu disewa dari Garuda Indonesia.

"Pokoknya enggak ada pembelian pesawat baru presiden," kata Heru di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/2).

Untuk detail pesawat, Heru menyarankan agar menanyakannya langsung pada pihak Garuda Indonesia. "Tanya ke Garuda saja," jawabnya seperti dikutip kumparan.com.

Sebelumnya, di dunia maya telah beredar foto pesawat baru kepresidenan Republik Indonesia. Pesawat yang memiliki logo Garuda Indonesia pada bagian ekor itu, sedang berada di sebuah hanggar dan menjalani proses pengecatan.

Ada logo dan tulisan 'Republik Indonesia' di badan pesawat. Dilihat dari ukuran dan jenis pesawat yang dimiliki Garuda Indonesia, itu mirip dengan pesawat Boeing 777-300 ER.

Jika mengutip laporan keuangan Perseroan, Garuda Indonesia memang memiliki 10 unit Boeing 777. Menurut sumber kumparan di internal perusahaan, pesawat 777 Garuda Indonesia memang banyak menganggur.