Sampai saat ini di Sumatera Barat masih nol kasus

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat mendukung sepenuhnya langkah - langkah yang diambil oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) provinsi. 

Dukungan itu disampaikan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi dalam rapat bersama gubernur dan wakil gubernur serta pihak terlibat dalam Gugus Tugas PP Covid-19 provinsi di gedung DPRD. 

"Gugus tugas provinsi telah terbentuk diketuai oleh Gubernur. DPRD akan mendukung langkah - langkah yang diambil oleh gugus tugas, dengan mempedomani prosedur yang telah diberikan oleh gugus tugas nasional," kata Supardi. 

Dia meminta gugus tugas Covid-19 Provinsi untuk meningkatkan upaya pencegahan, termasuk upaya memutus mata rantai penyebaran virus. Koordinasi antar seluruh lembaga harus dilakukan, termasuk yang berkaitan dengan anggaran. 

Dalam pertemuan antara gugus tugas Covid-19 provinsi dengan DPRD tersebut, Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas menyampaikan berbagai perkembangan terkait penanganan Covid-19 di Sumatera Barat. Serta langkah - langkah pencegahan yang dilakukan agar virus tersebut tidak sampai menyebar di daerah ini.

"Sampai saat ini di Sumatera Barat masih nol kasus, namun kita perlu meningkatkan kewaspadaan dengan mengambil langkah - langkah yang diperlukan," kata Irwan Prayitno. 

Dalam kesempatan itu, Irwan juga memaparkan kesiapan rumah sakit serta alat pelindung diri (APD) dan sebagainya. Termasuk juga bagaimana mempersiapkan anggaran untuk penanganan selama masa darurat Covid-19. 

Irwan menambahkan, untuk memberikan informasi kepada masyarakat, gugus tugas provinsi juga menyediakan melalui website. Gugus tugas melakukan update informasi terbaru di website sehingga masyarakat mendapat informasi yang benar dan akurat. 

Sementara itu, kepada wartawan usai pertemuan, Irwan juga menerangkan telah menggandeng sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk pembuatan masker. 

"Melalui dinas terkait, kita menggandeng UMKM dalam daerah untuk pembuatan masker," ucapnya. *Humas.