Mencegah penyebaran COVID 19 karena cairan disinfektan mampu membunuh mikroorganisme terpapar

Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Edwin Pattikawa saat memberikan keterangannya kepada tim media center, Rabu (25/3/2020) menjelaskan, penyemprotan disinfektan disejumlah ruas jalan di Kota Ambon, merupakan tanggung jawab dari kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar).

“Setiap OPD diberikan tanggung jawab masing-masing dalam membantu mencegah penyebaran COVID-19, Dinas Pemadam dengan peralatan yang dimiliki, dipercayakan untuk melakukan penyemprotan di ruas jalan protokol yang ada di Kota Ambon,” kata Kadis.

Dijelaskan, hari ini merupakan hari kedua Disdamkar melakukan penyemprotan disinfektan.
“Kemarin sore hingga malam, kami melakukan penyemprotan pada ruas jalan A.Y.Patty, kemudian jalan Slamet Riyadi, Jalan Pattimura, Jalan Jenderal A.Yani, dan berakhir di Jalan Diponegoro,” jelas Kadis.

Untuk hari ini, lanjut Kadis, penyemprotan disinfektan dimulai dari perempatan Tugu Trikora menuju Batu Gantung dan daerah Waihaong.

“Setelah daerah waihaong, kita melanjutkan penyemprotan yang dimulai dari Jalan D.I.Panjaitan menuju Jalan Tulukabessy, melewati Jalan Sultan Hasanudin daerah Tantui menuju Jalan Sudirman, Daerah Batu Merah, berlanjut hingga Belakang Soya, Tanah Tinggi dan berakhir di Gereja Silo,” jelasnya.

Lagi kata Kadis, penyemprotan hari ini direncanakan akan berakhir pada pukul 22.00 WIT. “Kalau masih memungkinan, malam ini kami akan melakukan penyemprotan di daerah Karang Panjang, kalau tidak, besok kami akan lanjutkan berikut daerah-daerah lain di Kota Ambon yang bisa kami jangkau,” tutup Kadis.

Diketahui, penyemprotan disinfektan di ruas-ruas jalan, dilorong-lorong, digedung-gedung bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID 19 karena cairan disinfektan mampu membunuh mikroorganisme terpapar, namun demikian masyarakat diharapkan untuk tetap berada dirumah masing-masing, menerapkan social distancing demi kebaikan bersama serta membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat