Dengan demikian, hingga saat ini, tinggal empat provinsi di Indonesia yang masih 'bersih' dari sebaran wabah COVID-19

Gugus Tugas Percepatan Penanangan COVID-19 melaporkan, hingga Minggu (29/03/2020) pukul 12.20 WIB, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia sudah menjangkau 30 provinsi. Terbaru, laporan berasal dari provinsi Sulawesi Barat, yaitu sebanyak satu kasus.

Dengan demikian, hingga saat ini, tinggal empat provinsi di Indonesia yang masih 'bersih' dari sebaran wabah COVID-19. Keempat provinsi tersebut antara lain Bengkulu, Bangka Belitung, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (29/3/2020), Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menekankan agar masyarakat saling melindungi dalam pencegahan maupun penanggulangan Covid-19.

"Untuk yang sehat harus dilindungi jangan sampai sakit. Ini kunci keberhasilan kita," kata Yurianto.

Dia juga menegaskan, perawatan yang dilakukan di rumah sakit, difokuskan untuk yang terindikasi COVID-19, tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri. Selain itu, rumah sakit ditujukan bagi kelompok rentan yang memiliki penyakit bawaan seperti hipertensi, diabetes, kelainan paru-paru dan jantung sehingga membutuhkan perawatan maksimal.

"Memang kekuatan terbesar adalah bagaimana masyarakat bisa memutus rantai penularan sebaik-baiknya. Jaga jarak lebih dari 1 meter, jangan melaksanakan kegiatan berkumpul dalam jumlah banyak, hindari kerumunan orang. Kita harus menyelamatkan diri sendiri dan keluarga," katanya.

Yuri juga mengingatkan tinggal di rumah bukan berarti tidak produktif. Mencuci tangan dan menjalankan pola hidup sehat menjadi cara paling cepat untuk memutus rantai penularan. Selain itu Yuri juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan pembelian berlebihan terhadap vitamin ataupun obat-obatan tertentu dalam upaya pencegahan.

"Saya optimistis dan meyakini bekerja sama dan toleransi jadi modal kita sebagai bangsa Indonesia. Tidak perlu mencari cara khusus karena kita sudah memiliki itu. Saling mengingatkan ini jadi penting, saling membantu juga jadi upaya pengendalian," katanya.

Per Minggu (29/3/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 mencapai 1.285 kasus. Jumlah itu bertambah 130 kasus dibandingkan periode sehari sebelumnya.