Dirinya tak akan menutup kemungkinan akan menempatkan Polwan menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Langkah Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Idham Azis menempatkan 18 perwira polisi wanita (Polwan) lewat rotasi dan mutasi, patut diapresiasi.

"Para polwan yang mendapat promosi itu ada yang menjadi pejabat penting," kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan.

Telegram Rahasia (TR) Kapolri bernomor ST/1377/V/KEP/2020 bertanggal 1 Mei 2020 itu mendapuk 18 nama perwira Polwan yang mendapat posisi strategis di Polri. Mereka antara lain;

Di level Komisaris Besar Polisi ada nama Kombes Dien Irhastini ditunjuk sebagai Asesor Bagian Kompetensi SSDM Polri, Kombes Nurmeiningsih dipilih sebagai Kepala Sepolwan, dan Kombes Maya Purnama ditunjuk menjadi Kabid Verifikasi Pusat Keuangan Polri.

Kombes Dessy menjadi Kabag Jardiklat SSDM Polri. Sedangkan Kombes Ketut Swastika menjabat sebagai Kabid Propam Polda Jawa Barat.

Di level Ajun Komisaris Besar Polisi, nama AKBP Yuliani sebagai Kabag Legaldafter Divisi Hukum Polri, lalu AKBP Susmelawati menjadi Psikolog Madya SSDM Polri, AKBP Fidian Suprihati menjabat sebagai Advokat Utama Divkum Polri. Sedangkan AKBP Olga sebagai Widyaiswara Sespim Polri.

Sementara nama lainnya meliputi AKBP Meity Wongkar sebagai Kepala SPN Polda Sulawesi Utara, AKBP Marlen Tawas dijadikan Kabid Propam Polda Sulawesi Utara, dan AKBP Melda Yanny dipilih sebagai Kapolres Banjar, Polda Jawa Barat.

AKBP Rita Wulandari menjabat sebagai Kapolres Tegal Polda Jawa Tengah, AKBP Rondyah Wadir Binmas Polda Jawa Tengah dan AKBP Sumarni dipilih sebagai Kapolres Sukabumi Kota Polda Jawa Barat.

AKBP Restra sebagai Kabid Propam Polda Gorontalo, AKBP Wiji menjadi Auditor Tingkat III Itwasda Polda Jawa Timur dan AKBP Dwi Safitri dipilih sebagai Auditor Madya Tingkat III Itwasda Polda Jawa Timur.

Edi menambahkan, sebelumnya sudah ada sejumlah polwan menjabat kapolres. Antara lain, Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati sebagai, Kapolres Karangasem AKBP Nyoman Suwartini, dan Kapolres Minahasa Utara AKBP Grace.

"Semoga dalam TR yang akan datang ada lagi sejumlah polwan yang bakal menjabat posisi penting, termasuk jabatan kapolda," harapnya.

Bisa jadi apa yang diharapkan Edi jadi kenyataan. Saat ini, ada tiga polisi wanita yang memiliki pangkat bintang. Mereka adalah Inspektur Jenderal Sri Handayani, Brigadir Jenderal Juansih, dan Brigadir Jenderal Apri Astini.

Terlebih, Jenderal Idham Azis dalam sambutannya saat memimpin upacara kenaikan pangkat pada Kamis (13/02/2020) lalu, menyatakan dirinya tak akan menutup kemungkinan akan menempatkan Polwan menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

"Saya mau berikan bukti di depan forum ini untuk polisi wanita kalau bagus, punya kesempatan sama seperti polisi laki-laki torehkan prestasi, jangan salah 2-3 bulan ke depan ada yang saya angkat jadi kapolda," kata Idham di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.