Kebaktian di gereja Baptis yang diduga menjadi klaster baru itu sudah berlangsung sejak 10 Mei 2020.

Apa boleh buat, kasus corona masih saja terus mengancam meskipun banyak negara telah menerapkan kebijakan lockdown alias isolasi total. Menyusul adanya pelonggaran lockdown, sejumlah tempat publik termasuk gereja perlahan mulai dibuka. Para jemaat kembali diizinkan untuk menggelar kebaktian bersama.

Namun tak disangka, acara kebaktian bersama itu justru menjadi petaka bagi jemaat. Sebanyak 40 jemaat dinyatakan positif terjangkit corona. Begitulah yang terjadi di Frankfurt, Jerman ketika Departemen Kesehatan Kota mengizinkan gereja untuk dibuka kembali.

“Kebanyakan dari mereka tidak sakit parah. Sejauh yang kami tahu hanya satu orang yang telah dirawat di rumah sakit, ”kata Rene Gottschalk, kepala departemen itu, seperti dilansir Reuters. 

Disebutkan, kebaktian di gereja Baptis yang diduga menjadi klaster baru itu sudah berlangsung sejak 10 Mei 2020. Sementara di Hesse, negara bagian di Jerman juga telah melangsungkan kebaktian di gereja sejak 1 Mei 2020 meskipun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.