Terdapat sejumlah catatan yang ditekankan tim verifikasi.

Kantor redaksi Bizlaw.id di Gedung Graha Sukandamulia, Jakarta Barat menerima kunjungan tamu istimewa pada Selasa (30/6/2020) pagi. Tamu istimewa tersebut adalah tim verifikator dari Dewan Pers yakni Bapak Ahmad Djauhar dan Ibu Fitri. Kedatangan kedua tamu istimewa ini disambut Pemred Bizlaw.id, Ronald Tanamas serta sejumlah awak redaksi.

Kunjungan Dewan Pers kali ini adalah dalam rangka verifikasi faktual media Bizlaw.id, sebagai tahap lanjutan usai verifikasi administratif. Selain kehadiran tim verifikasi secara langsung, ada juga tim verifikasi lain yang bertempat di kantor Dewan Pers dengan memanfaatkan teknologi virtual lewat aplikasi zoom.

Terdapat sejumlah catatan yang ditekankan tim verifikasi. Antara lain, menyesuaikan jumlah produksi berita per hari dengan awak redaksi yang ada. Kemudian, pentingnya menerapkan kode etik jurnalistik seperti pemberian kredit foto atau naskah yang dikutip dari media lain.

“Setiap wartawan produksi paling banyak 5 berita dalam sehari, itu baru make sense,” uja Ahmad yang berpengalaman 26 tahun di media Bisnis Indonesia, ini.

Diketahui, verifikasi faktual dari Dewan Pers merupakan tahap akhir dari proses yang harus dilewati oleh sebuah perusahaan pers untuk memperoleh legitimasi dan pengakuan secara hukum sebagai media massa.