Bahkan jika Anda teratur membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh, termasuk gagang pintu, keran, wastafel, dan permukaan meja, ada satu area yang mungkin terlewatkan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam bentuk jurnal Annals of internal Medicine menyebutkan, sebanyak 45 persen kasus Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 tidak menunjukkan gejala. 

Penelitian ini juga menyoroti, mereka yang tidak menunjukkan gejala COVID-19 (OTG), tetap dapat menularkan ke orang-orang di sekitarnta selama lebih dari 14 hari. Artinya, mereka mungkin dapat menularkan virus ke orang lain untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Menurut Times of India, pembawa asimptomatik atau orang tanpa gejala (OTG), dapat dengan mudah menginfeksi orang lain. Bahkan, dengan mencemari benda-benda rumah tangga dengan meninggalkan viral load. 

Karenanya, penting untuk mengetahui hotspot COVID-19 di dalam rumah Anda sendiri. Jika Anda atau anggota keluarga merasa tidak sehat atau curiga bahwa Anda mungkin telah tertular virus. Bahkan, jika Anda rajin membersihkan permukaan yang sering disentuh di dalam rumah. 

Bahkan jika Anda teratur membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh, termasuk gagang pintu, keran, wastafel, dan permukaan meja, ada satu area yang mungkin terlewatkan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Society for Microbiology, ditemukan ada tiga tempat yang paling terkontaminasi di kamar pasien COVID-19 yang dikonfirmasi di China. Ini termasuk sprei, bantal, dan tempat tidur. 

Hal yang lebih mengejutkan lagi ketika kita menyadari bahwa kamar justru sering dibersihkan dan didisinfeksi dua kali dalam sehari. Namun, temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengganti sprei dan sarung bantal lebih sering dari biasanya. Terutama, jika ada seseorang di luar anggota keluarga yang bermalam di rumah Anda.

Oleh karena itu, selain menyimpan alas kaki dan segera mengganti pakaian setelah keluar rumah, pertimbangkan untuk mencuci sarung bantal setiap hari dan sprei minimal dua kali seminggu. 

Walau tidak ada aturan yang keras untuk membersihkan tempat tidur. Tidak ada yang salah jika Anda lebih berhati-hati selama pandemi COVID-19 ini.