dr Reisa Broto Asmoro menyampaikan lima tips agar terhindar dari penularan virus melalui media udara.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengumumkan bahwa penularan virus Corona (Covid-19) bisa melalui mikrodroplet atau aerosol yang melayang di udara. Ukuran aerosol adalah di bawah 5 mikrometer atau lebih kecil jika dibandingkan dengan droplet sehingga bisa melayang di udara dalam waktu yang cukup lama.

Temuan baru virus Corona dapat menular lewat udara memunculkan kekhawatiran di masyarakat. Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan lima tips agar terhindar dari penularan virus melalui media udara.

"Pertama ventilasi di ruangan harus diperhatikan. Pastikan ruang kerja atau ruang tempat kita beraktivitas memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari," kata Reisa dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Yang kedua, menurutnya, pastikan menjaga jarak di dalam ruangan dan hindari ruangan yang terlalu banyak orang.

Ketiga, lanjut Reisa, selalu menggunakan masker selama di luar rumah atau di tempat umum, temasuk di kantor atau ruang kerja.

Selain itu, Reisa juga mengingatkan agar masyarakat mengenakan dan melepas masker dengan cara yang tepat yakni hanya memegang bagian tali. Selain itu, dia mengimbau masyarakat untuk rutin mengganti masker yakni minimal 4 jam sekali atau jika masker sudah lembab.

Keempat, menghindari memegang permukaan benda yang kotor dan digunakan bersama dengan orang lain.

"Segera mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer bila terlanjur memegang permukaan benda tersebut," ujar Reisa.

Kelima, bersihkan secara teratut permukaan benda di sekitar ruangan dengan cairan disinfektan.