Kor Pidana Korupsi rencananya akan terpisah dari Bareskrim dan langsung berada di bawah Kapolri.

Kapolri Jenderal Idham Aziz tampaknya akan melakukan perombakan besar-besaran di tubuh Bareskrim Mabes Polri. Hal ini sejalan dengan beredarnya kabar bahwa Bareskrim Polri akan diperkuat oleh lima jenderal bintang dua. 

Menurut informasi beredar, lima direktorat di Bareskrim Polri yakni Pidana Umum, Ekonomi Khusus, Pidana Korupsi, Narkoba, dan Pidana Tertentu yang saat ini dipimpin Brigjen atau jenderal bintang satu, nantinya akan dipimpin oleh Irjen atau jenderal bintang dua.

“Lima direktorat itu akan naik jadi Kor (Koordinator) dan akan dipimpin bintang dua atau Irjen. Misalnya Dit Narkoba akan jadi Kor Narkoba,” ujar seorang sumber.

Sumber lain menambahkan, Kor Pidana Korupsi rencananya akan terpisah dari Bareskrim dan langsung berada di bawah Kapolri.

“Mirip semacam Densus hari ini. Jadi tidak bertanggungjawab ke Kabareskrim tapi langsung ke Kapolri. Tujuannya supaya koordinasi dan kendali langsung dari pimpinan utama Polri,” ujar sumber tersebut.

Sebelumnya, sejumlah jabatan di Polri diketahui mengalami kenaikan satu tingkat. Salah satunya adalah status seluruh Polda di Indonesia yang saat ini menjadi tipe A dan dipimpin Irjen.