Dalam unggahan tersebut, Gus Ipang mengenang sosok Gus Im

Kabar duka datang dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU). Salah satu tokoh besar NU, KH Hasyim Wahid atau Gus Im, putra KH Wahid Hasyim atau adik dari Presiden ke-4 RI KH Abdurahman Wahid (Gus Dur), meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Mayapada Jakarta pada Sabtu (1/8/2020) pukul 04.18 WIB.

Kabar duka itu diumumkan keponakannya, Irwan Wahid, putra KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), dalam cuitannya di akun twitternya @ipangwahid.

"Telah berpulang KH. Hasyim Wahid bin KH. Wahid Hasyim
(Gus Im) pada hari Sabtu pukul 04.18 WIB.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu."

Irfan juga mengunggah foto keluarga mereka. Dalam unggahan tersebut, Gus Ipang mengenang sosok Gus Im sebagai orang yang genius.

"SELAMAT JALAN GUS IM.

Sosok genius dan tokoh pergerakan anak anak muda NU.

Salam kangen buat Papa, Pak Dur, Bu Puh, Eyang, Mbah dan semua yang sudah mendahului.

Allahummaghfirlahum warhamhum wa’afihim wa’fuanhum,"

Menurut Irfan, pamannya itu memang sudah dirawat di rumah sakit selama 2 pekan lebih. Gus Im diketahui menderita sakit komplikasi ginjal.

Menurut Irfan, jenazah KH Hasyim Wahid akan disemayamkan di rumah duka di Ciganjur, Jakarta Selatan dan selanjutnya dimakamkan di Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

KH Hasyim Wahid merupakan putra bungsu pasangan pahlawan nasional KH Abdul Wahid Hasyim dan Nyai Solichah.

Sosok yang akrab disapa Gus Im itu dikenal dekat bahkan menjadi mentor para aktivis, terutama dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Gus Im juga tercatat pernah menjadi anggota dan pengurus PDI Perjuangan serta menjadi pejabat di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).