Susah menahan hasrat ingin ngopi tapi ragu karena punya maag? Sesekali memuaskan ngidam kopi sebenarnya tidak masalah.

Susah menahan hasrat ingin ngopi tapi ragu karena punya maag? Sesekali memuaskan ngidam kopi sebenarnya tidak masalah, tapi ingat dulu tiga hal ini.

1. Pilih jenis kopi yang tidak asam

Tidak semua kopi itu sama. Tergantung dari cara pengolahannya, ada biji kopi yang mengandung lebih sedikit kafein dan memiliki rasa yang tidak begitu asam.

Melansir laman Very Well Family, semakin lama biji kopi dipanggang, rasanya akan makin asam, kandungan kafeinnya akan lebih tinggi, dan warnanya juga makin hitam.

Itu kenapa Anda sebaiknya pilih kopi Arabika yang rasanya sedikit manis dan lembut. Kandungan kafeinnya juga hanya sekitar 1,2% dibanding kopi robusta yang kafeinnya mencapai 2,2 persen.

Alternatifnya, pilih minuman kopi (dari biji Arabika) yang diolah dengan teknik cold brew. Teknik cold brew akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat tapi rasanya lebih manis dan rendah kafein. Tingkat keasaman kopi cold brew lebih tinggi (pH 6,31) daripada kopi hitam yang diseduh pakai air panas (pH 5,48). Dalam skala pH, semakin kecil angkanya semakin asam sifat zat tersebut.

Jika lebih suka kopi panas, pilih teknik seduhan dark roast dan fermentasi. Kedua jenis kopi ini memiliki kandungan senyawa yang lebih aman sehingga tidak terlalu berisiko meningkatkan asam lambung.

2. Tambahkan susu

Susu merupakan salah satu minuman yang baik untuk penderita maag atau asam lambung. Itu sebabnya meracik kopi pakai susu bisa jadi alternatif lebih aman untuk mencegah maag gampang kambuh.

Dengan catatan, pilih susu rendah lemak (susu skim) dan pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi susu sapi. Kandungan lemak tinggi dalam susu full cream atau whole milk dapat melonggarkan cincin otot kerongkongan bagian bawah.

Protein dari susu murni ini juga dapat berinteraksi dengan sejumlah senyawa dalam kopi sehingga mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan.

3. Batasi porsinya

Jangan mengorbankan lambung Anda hanya untuk memuaskan dahaga minum kopi. Apalagi sampai rela minum bercangkir-cangkir kopi dalam sehari.

Buat pengidap maag, sebaiknya batasi minum kopi maksimal 1 cangkir saja dalam sehari. Jika lebih dari takaran tersebut, dikhawatirkan asam lambung akan naik sehingga menyebabkan maag kambuh.

Lebih baik lagi bila Anda menggunakan cangkir atau gelas yang berukuran kecil