Menambah pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka aplikasikan kelak ketika mereka selesai menjalani masa hukumannya

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI DPPU Sepinggan Group bersama Pertamina Lubricants membangun kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui Program Bengkel Enduro Express Permasyarakatan Corner di Lembaga Pemasyarakatan Balikpapan.

Program Enduro Express merupakan bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Kreasi Berdaya Warga Lapas (KREDAWALA) yang berfokus kepada peningkatan kapasitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam hal keterampilan dan keahlian praktis, yang dimanfaatkan mengisi kegiatan positif selama di Lapas, dan juga dapat memberikan manfaat sebagai keterampilan utama untuk bekal mandiri setelah bebas dari Lapas.

Bengkel Enduro Express merupakan langkah lanjutan dari agenda pelatihan otomotif yang telah dilakukan sebelumnya mulai dari tanggal 16 Juli 2020 selama 4 minggu atau 120 jam pelajaran.

Adapun materi yang diberikan selama pelatihan adalah materi servis dan pemeliharaan sistem rem, servis dan pemeliharaan sistem bahan bakar, servis dan pemeliharaan sistem penggerak rantai, servis dan pemeliharaan sistem pelumasan, servis dan pemeliharaan sistem transmisi manual, servis dan pemeliharaan sistem transmisi otomatis, servis dan pemeliharaan sistem kelistrikan serta tune up ringan sepeda motor.

Para WBP yang telah menerima pelatihan otomotif sepeda motor ini langsung terjun mempraktikkan ilmu yang telah diberikan selama pelatihan melalui Bengkel Enduro Express.

Melalui kolaborasi program CSR yang dilakukan bersama antara Pertamina DPPU Sepinggan Group dengan Pertamina Lubricants menjadi bentuk kontribusi nyata sebagai entitas bisnis dalam melakukan pembinaan kemandirian terhadap WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan).

Kelanjutan dari program tersebut tidak hanya menyasar WBP yang berada di dalam Lapas namun juga menyasar ex-WBP yang sudah bebas untuk didorong menjadi wirausaha yang didukung Pertamina melalui Program Kemitraan.

Pertamina DPPU Sepinggan berharap dengan adanya program KREDAWALA serta kolaborasi program CSR ini dapat menjadi wadah bagi WBP untuk menambah pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka aplikasikan kelak ketika mereka selesai menjalani masa hukumannya.

“Kolaborasi ini merupakan sebuah sinergi positif untuk terus meningkatkan kualitas SDM dan tenaga produktif di Indonesia. Hadirnya bengkel Enduro Express, sebagai Outlet Pelumas Pertamina di Lapas Kelas IIA Balikpapan, tidak hanya akan menjadi tempat belajar dan bekerja bagi warga binaan, namun juga sekaligus dapat menumbuhkan semangat berwirausaha di dunia perbengkelan baik untuk saat ini dan dimasa depan,” ungkap Didik Setiyo Nugroho, Sales Region Manager VI Balikpapan PT Pertamina Lubricants.

Dengan dukungan monitoring, promosi dan pengembangan Bengkel, lanjut Didik, kami yakin Enduro Express Permasyarakatan Corner dapat memberikan nilai lebih. “Semoga sinergi tersebut terus berlanjut,” harap Didik.

Pada kesempatan terpisah, Manager Communication Relation &  CSR Kalimantan Roberth M.V. Dumatubun menegaskan, “Program CSR kolaborasi ini menjadi sebuah terobosan yang positif untuk meningkatkan kemampuan ekonomi Warga Binaan Pemasyarakatan untuk dapat mandiri dan siap bersosialisasi di masyarakat.