Lelang jabatan tersebut terbuka untuk seluruh karyawan perusahaan, termasuk para milenial.

Tidak lama lagi, Pertamina bakal menerapkan mekanisme lelang jabatan untuk posisi strategis di perusahaan. Lelang jabatan tersebut terbuka untuk seluruh karyawan perusahaan, termasuk para milenial.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, proses lelang jabatan akan dilaksanakan secara online. Setiap karyawan harus memenuhi kriteria dan kapasitas untuk mengikuti program tersebut. 

"Prosesnya juga transparan dengan tes seleksi dan fit and proper test," ujar Fajriyah, Selasa (11/8).

Terpisah, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan membuka kesempatan bagi karyawan yang ingin menduduki jabatan strategis. Kesempatan tersebut terbuka juga untuk generasi milenial.

"Dengan proses ini karyawan muda Pertamina tak perlu menunggu waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan karir."

Pertamina pun telah menyiapkan aplikasi digital agar karyawan dapat memilih posisi jabatan yang lowong, misalnya Vice President, Manajer, Senior Vice President, hingga Direksi anak usaha. Nicke berharap melalui mekanisme tersebut, karyawan dengan potensi mumpuni dapat memiliki kesempatan untuk menempati posisi strategis di tubuh perusahaan pelat merah.

"Kami kasih kesempatan. Ini akselerasi untuk memilih milenial dan orang yang kompeten dan memiliki leadership serta teknikal bagus," ujar Nicke.

Gaya lelang jabatan ini pernah diterapkan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta.