Seri ponsel lipat Huawei berikutnya, Huawei Mate X2, kemungkinan besar akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2021 mendatang.

Penggemar Huawei sangat menantikan ponsel unggulan berikutnya dari merek tersebut. Laporan terbaru mengungkapkan bahwa sanksi AS telah memengaruhi rencana Huawei untuk meluncurkan perangkat baru. Menurut analis terkenal Ross Young, perusahaan China itu akan mengadakan acara peluncuran Mate 40 pada bulan Oktober. Namun, dia berpandangan bahwa ponsel lipat Mate X2 tidak akan diluncurkan tahun ini.

Young tweeted bahwa itu karena pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah AS pada Huawei, Mate X2 tidak akan diluncurkan tahun ini. Tahun lalu, perusahaan tersebut meluncurkan Huawei Mate X pada bulan Februari dan edisi terbaru yang disebut Mate Xs memulai debutnya di akhir tahun. Mate Xs melakukan debut global awal tahun ini. Berdasarkan informasi baru yang dibagikan oleh Young, tampaknya smartphone lipat Mate X berikutnya akan tiba di tahun mendatang.

Mungkin, perusahaan Cina itu mungkin mengatur waktu kedatangan model Mate X2 yang dirumorkan dengan seri ponsel andalan P50. Huawei dikenal karena mengumumkan ponsel andalan seri-P pada kuartal pertama tahun ini. Oleh karena itu, ada kemungkinan Mate X2 akan resmi pada Q1 2021.

Rumor seputar Mate X2 telah mengungkapkan bahwa ia tidak akan menggunakan desain lipat luar seperti model sebelumnya. Sebagai gantinya, perusahaan dapat meluncurkan Mate X2 dengan desain lipat ke dalam seperti Galaxy Z Fold 2. Jadi, perangkat tersebut dapat dilengkapi dengan layar fleksibel di bagian dalam dan layar kedua di bagian luar.

Rumor mengatakan bahwa Mate X2 akan dilengkapi dengan chipset Kirin 9000 dan RAM hingga 12 GB. Perangkat ini mungkin menawarkan penyimpanan hingga 512 GB kepada pengguna. Mate X2 dapat mendukung pengisian cepat 65W dan akan diprainstal dengan OS Android 11 berbasis EMUI 11. Perangkat ini dapat dilengkapi dengan sistem kamera quad 40 megapiksel + 40 megapiksel (ultrawide) + 12 megapiksel (telefoto) + 5 megapiksel. Untuk selfie, mungkin menggunakan kamera 16 megapiksel atau 32 megapiksel. Layarnya bisa berukuran 8,03 inci dan tampilan luarnya mungkin berukuran 4,5 inci.