Anggota Komisi VI DPR asal Partai Gerindra, Andre Rosiade mendorong pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Ahok.

Melalui akun twitternya, Andre bilang, ada masalah terkait kinerja dan perilaku Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok saat menjabat Komisaris Utama (komut) PT Pertamina (Persero). "Pak Presiden @jokowi yang saya hormati, setelah melihat kinerja & perilaku saudara @basuki_btp sebagai Komut @pertamina,” tulis Andre. Selasa (15/9/2020).  

Menurut mantan Wasekjend DPP Gerindra itu, kinerja Ahok selama menjabat Komut Pertamina hanya membuat kegaduhan. "Saya usulkan ke pak @jokowi & pak Menteri @erickthohir untuk mencopot saudara BTP dari jabatannya karena menimbulkan kegaduhan dan Kinerja yang bersangkutan juga biasa-biasa saja,” ungkapnya.  

Sebelumnya, sebuah video di Youtube viral soal pernyataan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok yang membuka aib manajemen Pertamina. Dikatakan, ada direksi yang hobi lobi menteri hingga beberapa komisaris merupakn titipan menteri. Hal itu diungkap Ahok melalui akun YouTube POIN.  

“Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian,” kata Ahok.