Pertamina akan terus mendarmabaktikan pengabdiannya untuk terus membangun masyarakat yang lebih sejahtera, lebih makmur serta tetap menjaga kelestarian lingkungan sesuai dengan visi Pemerintah membangun Indonesia Maju

Pertamina Group berhasil meraih penghargaan Internasional The 12th Global CSR Awards tahun 2020 atas berbagai program CSR yang inovatif dan berkelanjutan sehingga memberikan kontribusi terhadap komunitas dan lingkungannya. Karena masih pandemi COVID-19, pengumuman penghargaan ini dilakukan secara online pada Selasa, 15 September 2020 lalu melalui press release pada situs Global CSR https://globalcsr.pinnaclegroup.global/2020/press-release/.

“Global CSR Awards merupakan salah satu penghargaan CSR bergengsi di tingkat International dengan penilaian atas perusahaan yang memiliki program CSR yang inovatif. Penghargaan ini memberikan motivasi kepada Pertamina Group untuk terus melakukan inovasi dalam berbagai program CSR yang dijalankan, sehingga memberikan dampak yang luas bagi masyarakat, terutama di sekitar wilayah operasi di seluruh Indonesia,” ujar Fajriyah.

Pertamina, tambah Fajriyah, mendapatkan 5 penghargaan sekaligus untuk berbagai kategori yang mendukung pencapaian target SDGs (Sustainability Development Goals) untuk tujuan Pendidikan Bermutu, tujuan Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab dan tujuan Menjaga Ekosistem Darat. Pada Kategori Best Environmental Excellence Award, Pertamina dianugerahkan penghargaan Gold melalui Program Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas Melalui Bank Sampah yang telah dilaksanakan di berbagai lokasi. Salah satu best practice program ini yaitu program WIRALODRA (Wilayah Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah) yang diinisasi Pertamina RU VI Balongan.

“Program ini berhasil mewujudkan kampung bebas sampah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan sampah organik maupun anorganik menjadi berbagai produk yang memiliki nilai lebih,” imbuh Fajriyah.

Menurut Fajriyah, Pertamina juga mendapat dua penghargaan Gold untuk kategori Excellence in Provision for Literacy & Education Award. Salah satu program yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Program Sekolah Tapal Batas untuk Pemerataan Pendidikan di Daerah Tertinggal yang merupakan inovasi Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field. Melalui program ini, anak-anak bangsa yang berlokasi di perbatasan Indonesia – Malaysia di Kalimantan Utara mendapatkan akses pendidikan yang layak dan mengalami peningkatan dari kondisi sebelumnya.

Selain itu, program lainnya yang mendapatkan penghargaan serupa adalah Program Pemberdayaan Kelompok Minoritas melalui Pendidikan untuk Kontribusi SDGs yang didapatkan melalui dua program unggulan. Kedua program unggulan tersebut merupakan inisiasi PT Pertamina Hulu Energi bersama anak usahanya, yaitu melalui PHE Jambi Merang untuk program inovasi kegiatan pendidikan bagi Masyarakat Adat Minoritas Suku Anak Dalam (SAD), dan melalui JOB Pertamina – Medco E&P Tomori Sulawesi, yaitu Program Rumah Pemberdayaan Siboli.

Dua penghargaan lainnya adalah Silver untuk Kategori Best Community Programme Award melalui Program Sentra Pemberdayaan Tani (SPT) yang dikembangkan Pertamina (Persero) serta penghargaan Bronze untuk Kategori Best Community Programme Award yang dijalankan PT Pertamina Hulu Energi yakni Program Ecotourism Berbasis Komunitas.

Penyerahan penghargaan rencananya akan dilakukan pada bulan Maret 2021 di Hanoi, Vietnam. Harapannya, tahun depan pandemi COVID-19 sudah reda, sehingga bisa melakukan kegiatan penganugerahan secara luring.

“Sebagai BUMN, Pertamina akan terus mendarmabaktikan pengabdiannya untuk terus membangun masyarakat yang lebih sejahtera, lebih makmur serta tetap menjaga kelestarian lingkungan sesuai dengan visi Pemerintah membangun Indonesia Maju,” pungkas Fajriyah.