Tak sedang bercanda, Sekretaris Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Raden Pardede menyebut masa suram perekonomian Indonesia bakalan panjang.

Raden membeberkan sejumlah strategi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Kata dia, ekonomi Indonesia diestimasikan baru normal seperti sebelum ada Covid-19, tiga tahun lagi yakni 2023.  "Harapan kita, kita punya target tahun 2023, rencana jangka menengah kita," ujar Raden dalam diskusi virtual Arah Kebijakan Pemerintah : Keseimbangan Antara Kesehatan Dan Ekonomi, Rabu (23/9/2020).    

"Ini supaya kita bisa memberikan kerangkanya seperti apa sebetulnya dipikirkan oleh KPCPEN. Kita butuh rencana jangka menengah bahkan 2023 mungkin 2024," imbuh Raden.

Dalam paparannya, Raden memaparkan konsep yang terbagi jadi 3 bagian, yakni Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Bertumbuh dan Transformasi. "Kenapa kami tambahkan di situ transformasi, karena kami sebutkan tadi bahwa perilaku manusia itu berubah semenjak Covid-19 ini," kata dia.

Raden melihat adanya transformasi adaptasi teknologi, utamanya digital yang terjadi saat pandemi. Sehingga ini harus disiapkan sebagai normal baru pasca pandemi covid-19. "Struktur ekonomi kita tidak sama lagi seperti halnya sebelum Covid-19. "Berarti kita harus menyiapkan itu mulai sekarang, supaya bisa bertumbuh, bertransformasi, dan berkompetisi di pasar global berdaya saing tinggi," paparnya," pungkas dia.