Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani melontarkan pernyataan bernada resesi ekonomi sudah tiba. Ya, perekonomian kuartaal III diprediksi sama minus dengan kuartal sebelumnya.

Atas kondisi ini, ekonom senior DR Rizal Ramli mengingatkan masyarakat, khususnya menengah ke bawah agar berhati-hati dalam mengelola keuangan. "Secara individu ini adalah tahun sulit dan mungkin berlangsung sampai tahun depan," kata mantan Menko Kemaritiman di periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Rizal mengingatkan, kelompok masyarakat menengah ke bawah, lebih berhati-hati dalam pengeluaran, jangan jor-joran. Disarankan hidup ngirit jangan tiru-tiru kelompok atas yang tidak terdampak resesi ekonomi. "Kalau menengah atas sih mereka tidak ada masalah, mau tetap jor-joran beli apa tidak ada masalah. Tapi yang menengah yang sedang-sedang, please be carefull, lebih bagus hemat lah," ucap mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur itu.

Rizal berharap, pemerintah mampu menciptakan suatu program untuk menolong masyarakat golongan menengah ke bawah. Kemudian, setiap krisis atau resesi itu pasti mengandung peluang atau oportunity. "Asal kreatif, bisa mencari jalan yang lebih bagus," ungkapnya.

Saat ini, kata Bang RR, sapaan akrab Rizal Ramli, ketergantungan masyarakat dengan dunia online, semakin besar. Ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk bertahan selama pandemi Covid-19. "Dan sebetulnya mudah, saudara bisa jualan apa saja, jadi reseller aja bisa survive, cari barang yang bagus, murah, disenangi, jual lagi lewat online, you can make a lifing," ucapnya.

Selain itu, menurut Rizal, ada beberapa peluang usaha yang bisa digali oleh masyarakat di tengah pandemi sekarang ini, di tengah ekonomi menuju krisis, seperti berjualan makanan, pakaian sehari-hari. Artinya yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. "Kalau saudara berhasil melakukan inovasi memanfaatkan online, jual produk yang memang diinginkan masyarakat, hari ini tuh makanan, pakaian, dalam kehidupan sehari-hari you can survive, nanti sudah tidak krisis, you can survive better," pungkas Rizal.