Penghargaan ini merupakan apresiasi dari negara, sekaligus motivasi bagi kami untuk bisa menciptakan inovasi yang bermanfaat multidimensi di masa mendatang

Direktur Utama PT INTI (Persero) meraih penghargaan dari Presiden Republik Indonesia. Penghargaan bertajuk Satyalancana Pembangunan itu diserahkan pada momen perayaan Hari Bhakti Postel ke-75, di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin, 28 September 2020.

Tahun ini, PT INTI (Persero) mengirimkan dua perwakilan penerima penghargaan Satyalancana Pembangunan, yaitu Direktur Utama Otong Iip dan Senior Process Engineer Kurniawan Hasmin Marunta. Dikutip dari salinan Keputusan Presiden Nomor 97/TK/Tahun 2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan, para penerima penghargaan dari Presiden Republik Indonesia itu dianggap telah berjasa terhadap negara dan masyarakat dalam lapangan pembangunan negara pada umumnya, atau dalam lapangan pembangunan bidang komunikasi dan informatika pada khususnya.

Direktur Utama Otong Iip mendapatkan Satyalancana Pembangunan karena berhasil membangun cashless payment system pertama di Indonesia, melalui pembangunan infrastruktur broadband dan konektivitas jaringan yang membentuk ekosistem dan kultur non-tunai yang masif, sehingga mempermudah transaksi bagi masyarakat, penghematan biaya payment gateway bagi penyedia jasa, peluang usaha bagi jutaan orang, dan penghematan biaya pencetakan uang triliunan rupiah per tahun bagi pemerintah. "Penghargaan ini merupakan apresiasi dari negara, sekaligus motivasi bagi kami untuk bisa menciptakan inovasi yang bermanfaat multidimensi di masa mendatang," ungkap Otong Iip.

Lalu, Senior Process Engineer Kurniawan Hasmin Marunta mendapatkan penghargaan itu karena berhasil sebagai manager proyek dalam membangun perangkat Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) di tujuh lokasi di Papua (Nabire, Sentani, Oksibil, Senggeh, Wamena, Dekai, dan Elelim) untuk menciptakan efisiensi penerbangan pesawat dan kapasitas ruang udara di wilayah Papua, serta meningkatkan keselamatan penerbangan nasional sebagai produk lokal karya anak bangsa.

Penyematan penghargaan ini diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, satu hari setelah Peringatan Hari Bhakti Postel ke-75. "Saya ucapkan selamat kepada penerima penghargaan Satyalancana Pembangunan, yang telah memberikan jasa besar terhadap negara dan masyarakat dalam area pembangunan negara," tutur Johnny G. Plate.

Dalam momen tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika mengimbau agar insan pos dan telekomunikasi, serta ekosistem komunikasi dan informatika terus mengembangkan inovasi untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia, sekaligus bersiap untuk Revolusi Industri 4.0.