Pilkada Kota Bandar Lampung 2020 akan diikuti 622.829 DPT, jumlah TPS sendiri diperkirakan mencapai 1400 TPS yang tersebar di 20 Kecamatan

Kota Bandar Lampung memiliki luas wilayah daratan 169,21 km² yang terbagi ke dalam 20 Kecamatan dan 126 Kelurahan. Dilihat secara hidrologi maka Kota Bandar Lampung mempunyai 2 sungai besar yaitu Way Kuripan dan Way Kuala, dan 23 sungai-sungai kecil. Semua sungai tersebut merupakan DAS (Daerah Aliran Sungai) yang berada dalam wilayah Kota Bandar Lampung dan sebagian besar bermuara di Teluk Lampung. Topografi Kota Bandar Lampung sangat beragam, mulai dari dataran pantai sampai kawasan perbukitan hingga bergunung, dengan ketinggian permukaan antara 0 sampai 500 m daerah dengan topografi perbukitan hinggga bergunung membentang dari arah Barat ke Timur dengan puncak tertinggi pada Gunung Betung sebelah Barat dan Gunung Dibalau serta perbukitan Batu Serampok disebelah Timur.

Berdasarkan sensus BPS, Islam adalah agama mayoritas yang dianut sekitar 92,63% masyarakat Kota Bandar Lampung. Selain itu ada juga yang beragama Kristen 3.55%, Katolik 1.59%, Hindu 0.35%, Buddha 1.48%, dan Kong Hu Cu 0.04% yang rata-rata dianut masyarakat keturunan Tionghoa dan pendatang. Mayoritas penduduk kota Bandar Lampung berasal dari etnis transmigran Jawa (79,12%). Etnis berikutnya yang cukup mudah ditemui di kota Bandar Lampung yaitu etnis Sunda (10,72%) Lampung dan Bali (2,42%). Selain itu terdapat pula etnis Tionghoa, Suku Minangkabau, Palembang, Bugis, Batak dan suku asli setempat yaitu Suku Lampung dan lain-lain. 

Sebagai Salah Satu Kota terbesar di Sumatra, Bandar Lampung memainkan peranan penting dalam pengembangan dan kegiatan ekonomi di pulau Sumatra, Dan Sebagai Kota yang bergerak menuju kota metropolitan, Bandar Lampung menjadi pusat kegiatan perekonomian di daerah Lampung. Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang jasa, industri, dan perdagangan. Dewasa ini terdapat beberapa supermarket yang cukup besar.

Sektor lain yang tak kalah penting dalam peranan perekonomian adalah sektor pertanian. Kota yang meraih penghargaan berupa sertifikat ISO dari Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI melalui PT TAFA Sertifikasi Indonesia (TSI) ini memiliki potensi yang cukup besar bagi pengembangan sektor pertanian khususnya di sektor agrobisinis yang tidak haus lahan dan mampu menyerap banyak tenaga kerja. Unggulan tanaman pangan di daerah ini berupa padi, jagung, ubikayu, kedelai investasi sub sektor pertanian tanaman pangan berupa industri perbenihan padi dan jagung, unit pengolahan jagung, unit pengolahan beras, industri makanan ringan, pengembangan jaringan pemasaran. Lalu industri etanol, pengembangan intensifikasi dengan pola kemitraan.

Lampung Tengah juga sangat potensial bagi pengembangan tanaman hortikultura, seperti komoditas durian, mangga, rambutan, nangka, semangka, melon dan cabai. Peluang investasi untuk tanaman hortikultura antara lain industri buah segar dalam kaleng, industri makanan ringan, industry minuman dan jus. Sektor Pariwisata juga layak mendapatkan perhatian yang lebih sebagai sektor yang potensial dijadikan lahan investasi, salah satu yang sudah termashyur adalah pusat konservasi Gajah yakni Taman Nasional Way Kambas.  

Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah. Selain Taman Nasional Way Kambas terdapat banyak potensi pariwisata lain diantaranya; Pantai Pasir Putih, Air Terjun Putri Malu, Air Terjun Lembah Pelangi, Taman Kupu-Kupu Gita Persada , Pantai Teluk Kiluan dan Pantai Klara

Perdagangan menjadi tumpuan mata pencaharian penduduk setelah pertanian. Keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan para pedagang utuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa. Prestasi lain yang diraih oleh pemkot Bandar Lampung adalah diraihnya sertifikasi dengan nomor SNI ISO 9001 : 2015 (Quality Management System Requirement) tersebut diberikan lantaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung dilinai lulus dalam mengembangkan inovasi baru dalam pelayanan kartu AK1 (kartu kuning) berbasis online. Kartu kuning merupakan kartu tanda pencari kerja yang sering disebut sebagai kartu AK1. Kartu ini berisi beberapa informasi mengenai pemiliknya seperti nama, nomor induk kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP, data kelulusan, hingga sekolah maupun universitas tempat pencari kerja mendapatkan gelarnya.