Pilkada Kabupaten Pesisir Barat 2020 diikuti oleh 107.150 pemilih yang akan memberikan suaranya di 318 TPS

Kabupaten Pesisir Barat merupakan sebuah kabupaten termuda di Provinsi Lampung. Kabupaten Pesisir Barat merupakan hasil pemekaran Kabupaten Lampung Barat, yang disahkan berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung pada tanggal 25 Oktober 2012 kemudian diresmikan pada tanggal 22 April 2013.

Kondisi Iklim Kabupaten Pesisir Barat dipengaruhi oleh keadaan alamnya yang dilewati oleh jalur Pegunungan Bukit Barisan dan Keberadaan Samudera Hindia disebelah Barat. Menurut Oldeman dan Las Davis (1970), Kabupaten Pesisir Barat memiliki dua tipe iklim. Kabupaten pesisir barat memiliki luas 2.953 km2 dan total jumlah penduduk 155.497 jiwa. 

Sektor Pariwisata merupakan potensi andalan Kabupaten Pesisir Barat, setiap tahun ratusan bahkan ribuan turis datang ke krui, untuk berlibur, berselancar dan menikmati keindahan pantainya. Selain pantai krui memiliki dua pulau eksotis yaitu pulau pisang dan pulau Betuah, yang alami dan keindahannya tidak kalah dengan pulau-pulau destinasi wisata di dunia, Hanya memang potensi itu belum tereksplorasi  Akses perhubungan dari dan menuju Krui, bisa dilakukan melalui darat, laut, dan Udara. 

Di Krui terdapat Bandara Serai, Pelabuhan Kuala Stabas, dan Jalan nasional lintas Barat yang melewati seluruh wilayah krui yang berada digaris pantai sepanjang 200 Kilometer lebih. Potensi hasil bumi dan hutan, juga bagus dan memiliki nilai jual tinggi, seperti damar mata kucing yang merupakan getah damar kualitas terbaik didunia dan telah diakui internasional yang berasal dari krui. Belum lagi hasil bumi lainnya seperti cengkih, kopi, lada, kakao. krui juga merupakan wilayah pertanian khususnya di Kecamatan Pesisir Selatan yang memiliki ribuan hektar sawah dengan sistem pengairan irigasi

Komisi Pemilihan Umum Derah (KPUD) Kabupaten Pesisir Barat menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati menjadi peserta Pilkada Pesisir Barat 2020. Tiga pasangan calon ditetapkan yaitu Pieter-Fahrurrozi, Arya Lukita Budiwan- Erlina, dan Agus Istiqlal-Zulqoini Syarif. Pieter-Fahrurrozi. Diusung oleh PDI Perjuangan, Golkar, Perindo dan Gerindra. Arya Lukita Budiwan- Erlina diusung oleh Demokrat, PKB dan PBB. Serta yang terakhir paslon Agus Istiqlal-Zulqoini Syarif yang diusung oleh dua parpol yakni Partai Nasdem dan PAN. Jumlah DPT yang telah ditetapkan sebanyak 107.150 pemilih yang tersebar di 11 Kecamatan, 118 Pekon/Kelurahan, dan 318 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Agus Istiqlal yang merupakan bupati petahana tercatat memiliki harta kekayaan sejumlah Rp.18.698.770.524