Dalam menu baru itu, Jetstar menyuguhkan menu western Spanish omellete sausage, mee giam goreng, dan makanan ringan

Maskapai penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) Jetstar merilis menu makanan baru. Menu ini bahkan bisa dipesan penumpang sebelum terbang.

Pengumuman promosi menu baru Jetsar itu diunggah dalam media sosial resmi maskapai, yakni Jetstarasia pada Sabtu 20 Juli 2019. "We've got a brand new (and nicely printed)," tulis Jetstar.

Dalam menu baru itu, Jetstar menyuguhkan menu western Spanish omellete sausage, mee giam goreng, dan makanan ringan.

Selain ragan menu, ada yang menarik dalam promosi peluncuran menu baru itu. Pihak Jetstar menyebut menu anyar baru itu mereka rilis lengkap dengan daftar makanan yang sudah tercetak dalam bentuk kartu menu.

Kalimat satire ini seolah-olah menyindir maskapai Garuda Indonesia, yang tentu saja harga tiket pesawatnya jauh lebih mahal dari Jetstar yang kelas LCC. Maskapai pelat merah tersebut belakangan memang dihujani kritik lantaran pramugarinya mengedarkan menu dengan daftar yang masih ditulis tangan di secarik kertas putih polos untuk penumpang kelas bisnis.

Foto menu makanan Garuda Indonesia yang ditulis tangan itu lalu menjadi viral setelah diunggah YouTuber Rius Vernandes lewat Instagram dan akun Youtube-nya. Dalam rekaman video Rius, pramugari menjelaskan bahwa pihak manajemen maskapai belum kelar mencetak kartu menu.

Rius Vernandes sempat dilaporkan ke polisi karena dianggap mencemarkan nama baik Garuda Indonesia. Namun belakangan, kedua pihak berdamai. Dirut Garuda Indonesia Ari Ashkara justru kini mempersilakan mereview semua fasilitas maskapainya.