Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengklaim akan melakukan penjajakan ke partai-partai lain

Partai Gerindra terus melakukan manuver mendapatkan posisi ketua MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat). Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon beralasan partainya merupakan pemenang kedua di pemilihan legislatif 2019 dari segi hasil perolehan suara.

"Kalau bisa disepakati Gerindra sebagai partai kedua terbesar dalam perolehan popular vote ya, saya kira itu yang kami ingin harapkan," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (7/8).

Fadli mengklaim Gerindra akan melakukan penjajakan ke partai-partai lain. "Saya kira ruang untuk melakukan komunikasi politik dan silahturahmi politik masih besar, jadi pasti akan berbicara dan akan duduk," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat ini.

Posisi ketua MPR kini tengah menjadi incaran sejumlah partai politik. Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Golkar sejak lama blak-blakan menyasar posisi tersebut. Sejumlah petinggi di partai beringin bahkan mengklaim jabatan tersebut sudah dipastikan menjadi jatah Golkar

Terpisah, pengamat politik Jerry Massie menduga pertemuan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Rabu (24/7/2019) lalu, adalah bagian untuk mendapatkan posisi Ketua MPR. 

"Pertemuan itu jilid rekonsiliasi. Bisa saja Gerindra melobi PDIP untuk kursi MPR," kata Jerry. 

Mesranya kembali hubungan Prabowo dan Megawati juga menjadi isyarat kuat Gerindra bakal merapat ke kubu koalisi Jokowi-Ma'ruf. Paling tidak, ada komunikasi politik untuk afiliasi yang akan dibicarakan dalam pertemuan nanti.