Saham-saham teknologi dan yang selama ini sensitif dengan pasar China terlihat jatuh dalam zona koreksi yang tajam di akhir pekan ini, Jumat (20/9).

Sejumlah saham terkemuka di bursa Wall Street tercatat harus menutup sesi perdagangan akhir pekan ini, Jumat (20/9) dengan suram. Sentimen dari aksi delegasi perintis dari China yang membatalkan kunjungannya ke wilayah pertanian AS menjadi pemicu yang sangat kuat bagi tumbuhnya tekanan jual.

Laporan yang dimuat sejumlah media menyebutkan, pihak delegasi China yang sedang membuat landasan bagi jalannya perundingan dagang AS-China awal Oktober depan yang membatalkan kunjungan ke wilayah pertanian di AS.  Delegasi China tersebut juga telah memperpendek jadwal kunjungannya ke AS.

Laporan tersebut tak pelak menjadi kabar suram bagi prospek perundingan dagangh bulan depan untuk meraih kesepakatan sebagaimana diyakini beberapa pekana sebelumnya.  Investor akhirnya mulai beralih melakukan tekanan jual dan akhirnya menyungkurkan sejumlah saham terkemuka di bursa Wall Street.

Berikut adalah saham-saham yang harus menderita di sesi akhir pekan ini akibat aksi keras pihak delegasi China tersebut:

Xilinx rontok 6,82%

Apple rontok  1,46%

Caterpillar runtuh 1,5%

Netflix Turun 5,53%

Intel  turun 1,65%

Broadcom turun 1,3%, serta

Micron Technology tuntuh 1,3%

Catatan menunjukkan, sejumlah besar saham  yang selama ini dinilai sebagai sensitif dengan pasar China yang cenderung jatuh  dalam tekanan jual yang cukup meyakinkan dalam menutup sesi pekan ini.  Seiring dengan mulai berbaliknya sentimen perundingan dagang AS-China menjadi sentimen muram, prospek saham-saham tersebut kini menghadapi  kesuraman serius.