Gerak IHSG terlihat masih seiring dengan bursa saham utama Asia yang terjebak di rentang sempit di sepanjang sesi pagi awal pekan ini, Senin (21/10).

Sentimen dari akan diumumkannya susunan kabinet Jokowi Jilid 2 nampaknya telah berhasil memberikan warna khusus di bursa saham Indonesia. Di tengah kungkungan gerak sempit di bursa saham utama Asia akibat ketidakpastian dari sentimen AS-China dan Brexit, Indeks harga saham gabungan (IHSG) juga terlihat masih terjebak di rentang terbatas di sesi pagi  awal pekan ini, Senin (21/10).

Namun warna tersendiri terlihat di bursa saham Indonesia dengan gerak harga saham perusahaan  milik mantan ketua tim kamopanye nasional Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir. Saham PT Mahaka Media yang diperdagangkan dengan kode ABBA milik Erick Thohir tersebut kembali melambung fantastis pagi ini sebesar 28,96% untuk ditutup di Rp236 per lembarnya.

Baca Juga:  Jokowi Akan Umumkan Wajah Baru Menteri Pagi Ini, Intip Bocoran Terbaru Kabinet Kerja Jilid II

Pelaku pasar di Jakarta kini telah memastikan bahwa Erick Thohir sang pemilik saham ABBA dipastikan jadi menteri di kabinet Jokowi  jilid 2 ini karena telah beredar kabar kedatangannya ke Istana.  IHSG sendiri akhirnya menutup sesi  pagi ini dengan menguat tipis 0,12% untuk terhenti di 6.199,5.  Gerak sempit IHSG juga seiring dengan kecenderungan yang sedang mendera seluruh bursa saham utama Asia.

Hingga siang ini,  indeks Nikkei (Jepang) naik 0,33% untuk menjangkau posisi 22.567,22, indeks Hang Seng (Hong Kong) menguat moderat 0,32% untuk berada di posisi 26.806,18, sementara indeks ASX 200 (Australia) melemah tipis  0,09% untuk berada di posisi 6.643,5, serta indeks KOSPI (Korea Selatan) yang naik 0,18% untuk menyisir posisi 2.064,42.

Sementara laporan dari pasar valuta menunjukkan, gerak nilai tukar Rupiah yang mampu membukukan penguatan konsisten di sesi pagi ini. Terkini, Rupiah diperdagangkan di kisaran Rp14.110 per Dolar AS atau menguat 0,2%.