Sembilan calon yang sudah hadir di Istana yakni Nadiem Makarim, Erick Thohir, Wishnutama hingga Prabowo Subianto

Sembilan tokoh sudah mengikuti 'audisi' menteri yang digelar Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Senin (21/10). Namun mereka masih enggan menyebut posisi menteri yang akan dijabat.

Sembilan tokoh yang dipanggil ke Istana yakni Mahfud MD, Nadiem Makarim, Erick Thohir, Wishnutama, Prabowo Subianto, Edhy Prabowo, Airlangga Hartarto, Jenderal Tito Karnavian, dan Pratikno.

Berikut prediksi posisi menteri yang akan mereka jabat:

1. Mahfud MD: Menkumham
Mahfud MD merupakan calon menteri yang dipanggil pertama oleh Jokowi kemarin. Usai bertemu Jokowi, Mahfud MD memberi kode akan menjadi menteri di bidang hukum.

Seperti yang selama ini diisukan. Kan saya banyak disebut katanya Menkumham, Jaksa Agung, Menteri Agama, katanya apa lagi. Pokoknya di bidang itu," ungkap Mahfud usai bertemu Jokowi.

Sejumlah sumber menyebut, Mahfud akan menjadi Menkumham untuk menggantikan Yasonna Laoly di kabinet baru Jokowi.

2. Nadiem Makarim: Menteri Investasi dan Digital
Pendiri GoJek Nadiem Makarim juga sudah menyatakan kesiapan menjadi menteri Jokowi. Dia pun sudah mengundurkan diri dari Gojek.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Nadiem akan menempati posisi Menteri Investasi dan Digital. Kementerian ini merupakan pos baru di nomenklatur pemerintahan Jokowi.

3. Erick Thohir: Menteri BUMN
Mantan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin juga telah mengikuti audisi menteri di Istana Kepresidenan. Dia pun menyatakan bakal mengisi posisi menteri di bidang ekonomi. Seperti Nadiem, Erick juga akan mundur darii Mahaka Group.

Sejumlah sumber yang mengetahui proses penggodokan kabinet mengatakan Erick akan menjadi Menteri BUMN untuk menggantikan Rini Soemarno.

4. Airlangga Hartarto: Menko Perekonomian
Nama lain yang sudah dipanggil ke Istana dan ditawari jadi menteri adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Meski enggan menyebut posisinya kelak, Airlangga diajak ngobrol oleh Jokowo soal berbagai tantangan ekonomi.

Terkait untuk mengurangi neraca perdagangan, diminta bapak presiden dicarikan produk-produk yang kedepannya bisa untuk menyelesaikan persoalan neraca perdagangan atau defisit," jelas Airlangga kepada wartawan, Senin (21/10).

Sejumlah sumber menyebut Airlangga Hartarto merupakan calon kuat Menteri Perekonomian. Sebelumnya, Airlangga juga disebut sebagai kandidat Menko PMK. Namun, ia akhirnya dipilih menjadi Menko Perekonomian di kabinet baru Jokowi.

5. Wishnutama: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Pendiri NET.TV ini akan diminta Jokowi untuk menangani kementerian pariwisata dengan nomenklatur baru. Wishnutama akan memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Usai bertemu Jokowi kemarin, ia memang mengakui diminta tolong di sektor kreatif. “Kira-kira untuk meningkatkan kemampuan, kreativitas di Indonesia, lalu meningkatkan devisa. Nah, bingung kan," ujar Wishnutama sambil tertawa.

6. Tito Karnavian: Mendagri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga dipanggil ke Istana untuk menemui Jokowi. Meski tak mengenakan kemeja putih dan tetap memakai baju dinas kepolisian, Tito masuk melalui pintu yang sama dengan para calon menteri.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol M Iqbal, yang turut mendampingi Kapolri ke Istana mengatakan, kemungkinan ada jabatan baru untuk Tito dari Jokowi.

“Kemungkinan ada semacam jabatan baru,” kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (21/10).

Sejumlah sumber menyebut, Tito akan menempati posisi Mendagri.

7. Prabowo Subianto: Menhan
Yang mungkin paling menyita perhatian publik dari sekian nama yang datang ke Istana adalah Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo mengatakan diminta Jokowi membantu di bidang pertahanan. Ia pun menyanggupi permintaan Jokowi itu.

“Saya beliau izinkan untuk menyampaikan, saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan," kata Prabowo.

8. Edhy Prabowo: Mentan
Prabowo Subianto tak datang sendiri ke Istana kemarin. Ia juga didampingi Waketum Gerindra Edhy Prabowo yang selama ini disebut akan menjadi Menteri Pertanian. Prabowo tak membantah bahwa partainya akan mendapat dua kursi menteri.

“Yang dipanggil dua, ya kira-kira berapa," ujar Prabowo.

Selama ini, nama Edhy Prabowo memang santer disebut sebagai calon menteri di kabinet baru Jokowi dari Gerindra. Nama Edhy sudah mencuat jauh bahkan sebelum nama Prabowo muncul jadi kandidat menteri.

9. Pratikno: Mensesneg
Pratikno memang sering bolak balik Istana jelang pengumuman kabinet. Namun kemarin Pratikno bertemu Jokowi bersamaan dengan hadirnya para calon menteri. Ia datang bersama Fadjroel Rahman dan mantan staf khusus Presiden Nico Harjanto.

Meski tak memberikan keterangan pers, Pratikno yang merupakan lingkaran terdekat Jokowi akan tetap menjadi Mensesneg. Sejumlah sumber menyebut banyak pihak yang mengincar posisi Mensesneg. Namun, Jokowi tetap menginginkan Pratikno menjadi Mensesneg.