Dipilihnya publik figur asing seperti Leonardo Dicaprio dan Denzel Washington berguna untuk menggaet wisatawan mancanegara.

Pemerintah menyiapkan dana Rp 1,7 triliun untuk pengembangan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 2020. Angka ini naik dibandingkan anggaran tahun lalu yang hanya Rp 1,54 triliun.

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Kementerian Pariwisata pun bakal mengendorse tokoh ternama untuk mempromosikan wisata di sini. Hal ini untuk menggugah turis datang ke Labuan Bajo dan mempercepat adanya destinasi wisata Bali baru.

"Belum ada sih. Ada saran? Ya mungkin model-model (seperti) Leonardo Dicaprio atau Denzel Washington. Kita lihat saja," kata Kepala BOPLBF, Shana Fatina Sukarsono, di Labuan Bajo, NTT, dikutip dari kompas.com, Jumat (15/11/2019).

Dia menuturkan, dipilihnya publik figur asing seperti Leonardo Dicaprio dan Denzel Washington berguna untuk menggaet wisatawan mancanegara. Selain itu, pihaknya ingin memperkenalkan Labuan Bajo sebagai tempat yang sangat unik karena perpaduan antara konservasi, alam, dan keindahannya sekaligus tempat yang dijuluki UNESCO World Heritage.

"Karena ingin menarik lebih konsep konservasinya. Labuan Bajo punya (dijuluki) UNESCO World Heritage, yang selama ini (julukan itu) belum benar-benar kita manfaatkan. Status itu sangat istimewa di dunia untuk bagian dari marketing," ucapnya.

Karena erat kaitannya dengan lingkungan, dia mensyaratkan publik figur tersebut harus seorang aktifis lingkungan dan memahami keberagaman biodiversitas. Untuk itulah Leonardo Dicaprio disebut sebagai salah satu calon.

"Yang jelas kami akan coba mencari sosok yang aktifis lingkungan pastinya. Kemudian dia bisa memahami bahwa keberagaman biodiversitas adalah sebuah warisan yang kita bisa jaga, dan pariwisata itu adalah sebuah cara untuk memanfaatkannya," ujarnya.