Popnas ini kan untuk mengukur hasil pembinaan yang sudah dilakukan selama ini di PPLP

Tim dayung Papua langsung menjejak babak final Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 Jakarta, setelah kelas empat putra (Men's Quadruple Sculls Repechage/M4XR) jarak 2000 meter, hanya diikuti lima provinsi.

“Nomor kelas empat putra hanya diikuti oleh lima Provinsi, yakni Papua, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Tenggara. Dengan demikian Papua dan tim lainnya akan langsung tampil di babak final,” terang Pelatih Dayung Papua, Josua Pattirane, jelan pertandingan, di Venue Dayung Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat. 

Sementara jadwal babak final akan digelar pada Selasa, 19 November 2019. Tim dayung Papua terdiri dari Yusak Apaseray, Hardi Wanma, Yuan Andriy Maniagasai dan Erik Doromi.

Sementara di nomor Men Double Scull putra, Papua menutunkan Yusak Apaseray dan Herik Luis Doromi pun gagal bersaing. 

“Namun, masih punya harapan untuk lolos ke babak final jika dalam babak penyisihan kedua Senin bisa mencapai finish pertama,” terang dia.

Sementara untuk kelas 4 putri (Women Quadruple (W4X), mereka masih harus berjuang keras untuk mencapai babak final. 

Pada babak menyisihan yang berlangsung Minggu pagi, Alfanita Tokoro, Aldestha Pepuho, Popi Hatu dan Yosina Doromi kalah bersaing dengan atlet dari Jawa Barat, Maluku dan DKI Jakarta.

Manajer tim dayung Papua, Olof Monim berharap atlet dayung Papua dapat fokus dalam pertandingan berikutnya dan tidak berpikir soal medali.

“Popnas ini kan untuk mengukur hasil pembinaan yang sudah dilakukan selama ini di PPLP. Saya harap mereka jangan takut gagal. Bertanding dulu untuk meningkatkan kemampuan supaya bisa meraih menuju prestasi nasional kedepan,” harapnya.