Gerak naik lebih lanjut GBPUSD diperkirakan mulai terbatas dalam beberapa hari sesi perdagangan ke depan.

Sentimen proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang masih berlarut dan rumit terlihat masih mendominasi pola gerak nilai tukar mata uang Inggris, Poundsterling terhadap Dolar AS yang disimbolkan GBPUSD.

Proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang sering disebut dengan Brexit kali ini menjadi menarik perhatiqan pelaku pasar kembali akibat serangkaian hasil survey menjeklang gelaran pemilihan umum yang akan dihelat dua hari ke depan. Sejumlah hasil survey menunjukkan, partai yang dipimpin Perdana Menteri Boris Johnson (yang akrab disapa BoJo) yang diyakini akan memenangkan dukungan publik dalam pemilihan umum mendatang.

Hasil survey ini sekaligus mencerminkan dukungan publik yang cukup signifikan bagi PM BoJo untuk membawa Inggris keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari tahun depan sebagaimana telah diagendakan sebelumnya bersama pihak Uni Eropa. Posisi PM BoJo nampaknya kini sedang berada di atas angin dan hal ini mendapatkan respon positif dari pelaku pasar.  

Pelaku pasar terlihat jatuh dalam penilaian bahwa prospek kemenangan PM BoJo sebagai kepastian akan proses Brexit dan hal tersebut kemudian dijadikan landasan untuk memburu Poundsterling.  Gerak GBPUSD akhirnya melonjak tajam dalam beberapa hari sesi perdagangan terakhir.

Catatan bahkan memperlihatkan, gerak naik GBPUSD yang telah berlangsung konsisten dalam hampir dua pekan sesi perdagangan terakhir.  Meski demikian situasi teknikal terkini GBPUSD terlihat mulai membuka peluang terbentuknya kejenuhan tren penguatan jangka menengah, di mana hal ini menjadi pertanda serius kemungkinan berbalik turunnya GBPUSD dalam beberapa hari sesi perdagangan mendatang.

Hingga sesi pagi ini di Asia, Selasa (10/12), posisi GBPUSD telah bertengger di kisaran 1,3143 setelah  sempat mencetak titik tertingginya pada kisaran 1,3180 pada sesi perdagangan kemarin.  Gerak naik lebih lanjut GBPUSD terlihat masih cukup berpeluang, namun rentang kenaikan yang akan terjadi cenderung lebih terbatas.