NasDem belum bisa menentukan apakah akan mengusung Gibran di Pilkada Solo.

Sosok Gibran Rakabuming Raka ternyata belum spesial di mata Partai NasDem. Partai besutan Surya Paloh ini tidak ingin latah mendukung putra Presiden Joko Widodo di Pilkada Solo 2020.

Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari mengatakan NasDem belum bisa menentukan apakah akan mengusung Gibran. Saat ini masih berlangsung proses penjaringan di level daerah, kabupaten/kota, maupun provinsi.

Sedangkan keputusan akhir terkait terkait calon Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah yang bakal diusung NasDem akan diambil oleh DPP di bawah komando Surya paloh.

"Sementara kita belum ada pembahasan untuk di tingkat DPP, karena nanti pun semua akan dilaporkan ke DPP, dan keputusan ada di tangan DPP semuanya," ujar dia, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/12).

"Jadi biarlah ini berproses. Kami belum bisa menyampaikan sikap, karena tahapannya masih jauh ya. Masih dalam penjaringan di tingkat masing-masing kabupaten/kota dan provinsi masing-masing," imbuhnya.

Selain itu, Taufik tak mempersoalkan majunya Gibran pada pilkada 2020. Sebab, hal tersebut merupakan haknya sebagai warga negara.

"Pertama, adalah hak dari setiap orang untuk ikut dalam kontestasi pemilu yang termasuk Pilkada," ungkapnya.

Namun, terkait apakah bakal mengusung Gibran atau tidak, pihaknya masih menunggu proses yang sedang berlangsung di daerah.

"Karena tadi saya katakan setiap orang punya hak, maka anak presiden juga punya hak. apakah nanti akan menjadi calon yang diusung oleh partai Nasdem, kita masih menunggu proses yang sedang berjalan sesuai dengan tahapannya," tandasnya.